nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes Inggris Sebut Pemerintahan Donald Trump Ceroboh dan Tidak Kompeten

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 12:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 08 18 2075979 dubes-inggris-sebut-pemerintahan-donald-trump-ceroboh-dan-tidak-kompeten-jVPxR74Px0.jpeg Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat. Foto/AP News

LONDON - Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat menyebut pemerintahan Donlad Trump "ceroboh dan tidak kompeten secara diplomatik".

Pernyataan disampaikan Kim Darroch melalui memo rahasia yang bocor dan disiarkan Mail pada Minggu (7/7).

“Kami tidak percaya bahwa pemerintahan ini akan menjadi jauh lebih baik; disfungsional; tidak terduga; faksi yang terbelah; ceroboh dan tidak kompeten secara diplomatis,” tulis Darroch dalam satu memo.

Baca JugaTrump Nyatakan Pelaksanaan Deportasi Massal Imigran Segera Dimulai

Baca JugaDonald Trump Sebut Putrinya dan Menlu AS "Beauty and The Beast"

Ditanya tentang isi memo tersebut, Presiden Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa Darroch tidak belum melayani UK dengan baik.

Foto/Reuters

Amerika Serikat dan AS menikmati hubungan yang kuat sejak Perang Dunia II.

Kantor Luar Negeri Inggris tidak membantah keaslian dokumen yang bocor. Mereka menyebut kebocoran tidak akan merusak hubungan pemerintah Inggris dan AS.

Investigasi kebocoran mungkin akan dijalankan dalam beberapa hari mendatang.

Kedutaan Besar Inggris di Washington memberi tahu Gedung Putih bahwa memo-memo itu akan diterbitkan pada akhir pekan, menurut sumber mengetahui masalah tersebut.

Departemen Luar Negeri menolak untuk mengomentari komentar duta besar.

Menteri Kehakiman David Gauke menyebut kebocoran itu "memalukan" tetapi mengatakan Inggris "harus mengharapkan duta besar kami untuk mengatakan yang sebenarnya, seperti yang mereka lihat."

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini