nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Laut Pasang-Surut di 6 Wilayah Ini Usai Gempa M7,1 Maluku Utara

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 00:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 08 340 2075835 air-laut-pasang-surut-di-6-wilayah-ini-usai-gempa-m7-1-maluku-utara-jAEDfA5lK8.jpg Ilustrasi air laut. (Foto: Ist)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi air laut di enam wilayah mengalami pasang-surut usai gempa bumi berkekuatan magnitude 7,1 yang berpusat di Ternate, Maluku Utara (Malut).

"Tinggi muka air laut yang terdapat di enam stasiun pasang-surut di Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, di Jakarta, Minggu 7 Juli 2019.

Baca juga: BMKG: Delapan Kali Gempa Susulan Terjadi Guncang Malut 

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum mencabut peringatan dini terjadinya tsunami. Mengingat, status ancaman masih dalam kategori waspada.

"Hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media. Hingga saat ini peringatan dini tsunami belum diakhiri," ucap Rahmat.

Berdasarkan keterangan dari situs resmi BMKG, gempa tersebut berpusat di daratdengan jarak 133 kilometer barat daya Ternate. Kedalamannya mencapai 36 km.

Baca juga: Gempa M7,1 Guncang Ternate, Muncul Peringatan Dini Tsunami 

Adapun lokasi titik gempa berada di 0,54 LU – 126,19 BT. Menurut BMKG, gempa tersebut memiliki potensi tsunami dan meminta masyarakat untuk berhati-hati.

Belum diketahui apakah dampak gempa bumi itu menimbulkan korban jiwa atau kerusakan bangunan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini