Divonis 3 Tahun Penjara, Habib Bahar Masih Pikir-Pikir Ajukan Banding

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 09 Juli 2019 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 525 2076758 divonis-3-tahun-penjara-habib-bahar-masih-pikir-pikir-ajukan-banding-vSkw4EvgMX.jpg Novel Bamukmin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis tiga tahun penjara terhadap Habib Bahar bin Smith lantaran terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan. Habib Bahar pun masih pikir-pikir untuk melakukan banding atas vonis tersebut.

"Ada rasa belum terpenuhi rasa ketidakadilan mengingat yang memberatkan Habib Bahar adalah didakwa melakukan penganiyaan terhadap anak di bawah umur serta luka berat," ujar Habib Bahar melalui salah satu tim kuasa hukum, Novel Bamukmin saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Selasa (7/9/2019).

Baca Juga: TKN Anggap Vonis 3 Tahun Penjara Habib Bahar Sudah Tepat

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 itu menegaskan, rangkaian kriminalisasi ulama itu terkait peristiwa penganiayaan terhadap Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Padahal, Khoerul Aumam saat itu sudah menikah sirih.

"Padahal, Khoerul Aumam ketika itu sudah menikah sirih dan saat kejadian masih mampu beraktivitas dengan sedikit ketidaknyamanan pada dirinya. Ditambah suhu politik yang tidak sehat yang sudah tidak heran lagi menjadi satu rangkaian dengan kriminalisasi ulama," katanya.

Habib Bahar

Vonis hakim diketahui lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Bogor. Dalam sidang tuntutan sebelumnya, Habib Bahar dituntut hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Bahar terbukti bersalah sesuai Pasal 333 Ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 Ayat (2) dan Pasal 80 Ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (Ari)

Baca Juga: Usai Divonis 3 Tahun Penjara, Habib Bahar Cium Bendera Indonesia

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini