nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Tabrak Crane hingga Roboh, Ini Penjelasan Pelindo

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 15 512 2078834 kapal-tabrak-crane-hingga-roboh-ini-penjelasan-pelindo-LNFyJ3Ov0M.jpg Foto Istimewa

SEMARANG - PT Pelindo III membenarkan insiden yang menyebabkan satu unit Container Crane (CC) di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) roboh. Kejadian tersebut disebabkan kapal petikemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga Internasional TPKS membentur Crane, pada Minggu, (14/7/2019).

VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata, mengatakan, satu unit CC yang kini rusak yaitu CC nomor 3. Lokasinya berada di posisi paling ujung di dermaga.

 Police line

“Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian radius beberapa meter tim tanggap darurat/evakuasi saat ini melakukan investigasi dan evakuasi," kata kata VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata, ketika memberikan konfirmasi dari Kantor Pusat di Surabaya.

"Tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini karena Pelindo III menerapkan standart safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya termasuk Terminal Peti Kemas Semarang, mengenai crane yang rusak sudah diasuransikan,” terangnya.

 Baca juga: Kapal Muatan Peti Kemas Hantam Crane Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Menurutnya, seluruh proses evakuasi berjalan lancar. Untuk itu, operasional bongkar muat di dermaga diharapkan kembali berjalan normal, sehingga TPKS tetap bisa melayani para pengguna jasa logistik.

"Mengingat pentingnya TPKS sebagai gerbang ekspor impor utama para pengusaha di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya. Pelindo III akan berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik,” tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini