TKN: Oposisi Pemerintahan Jokowi Perlu Didorong Menjadi yang Niatnya Baik

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 15 Juli 2019 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 15 605 2079045 tkn-oposisi-pemerintahan-jokowi-perlu-didorong-menjadi-yang-niatnya-baik-jJQSXf24wN.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin didampingi ketua dewan pengarah kampanye Jusuf Kalla. (Foto: Nova Wahyudi/Antara)

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengatakan oposisi dalam negara demokrasi merupakan keniscayaan. Namun, oposisi harus didorong agar memiliki niatan baik demi pembangunan bangsa.

Demikian dikatakan Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, untuk merespons pidato Jokowi bertajuk 'Visi Indonesia' yang sempat membahas oposisi itu mulia sepanjang tidak menimbulkan dendam dan kebencian.

Baca juga: Perindo: Jokowi Memerlukan Oposisi Loyal 

"Menurut saya, oposisi pada pemerintahan Jokowi perlu didorong (menjadi) oposisi yang niatnya baik untuk membangun dan mencapai kesejahteraan rakyat," ucap Karding ketika dikonfirmasi Okezone, Senin (15/7/2019).

Oposisi, kata dia, diperlukan dalam rangka melakukan checks and balances terhadap pemerintahan. Dengan adanya oposisi, maka segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dapat menjadi bahan diskusi dan masukan dari pihak lain.

Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Ist)

"Dalam sistem politik kita, oposisi penting sebagai bagian dari kontrol," imbuh Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sebelumnya, presiden terpilih Joko Widodo tidak masalah adanya kelompok oposisi dalam pemerintahan. Tetapi, ia mengingatkan agar oposisi tidak menimbulkan kebencian serta dendam.

Baca juga: Reformasi Birokrasi dan Struktural oleh Jokowi Didukung untuk Ciptakan Pemerintahan Bersih 

"Menjadi oposisi juga sangat mulia. Silakan ingin jadi oposisi, asal jangan jadi oposisi yang timbulkan dendam," kata Jokowi dalam pidato 'Visi Indonesia' di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2019.

"Jangan oposisi yang timbulkan kebencian, apalagi disertai dengan hinaan, cacian, dan makian," pungkas Jokowi.

Jokowi berpidato di acara Visi Indonesia. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini