nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 PNS Pemkot Bandung Diperiksa KPK Terkait Korupsi Proyek RTH

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 13:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 16 525 2079568 5-pns-pemkot-bandung-diperiksa-kpk-terkait-korupsi-proyek-rth-gkvi0kk2oG.jpg Lima PNS Kota Bandung Diperiksa KPK Terkait Kasus Korupsi RTH Bandung di Kantor Ditpam Obvit Polda Jawa Barat di Jalan AH Nasution, Bandung, Jawa Barat (foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Sebanyak lima orang PNS Kota Bandung diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Informasi himpun mereka diperiksa Kantor Ditpam Obvit Polda Jabar di Jalan AH Nasution, pada Selasa (16/7/2019).

Lima PNS yang diperiksa diantaranya PNS Setda Kota Bandung, mantan kepala seksi di DPKAD Pemkot Bandung dan staf PNS, lalu ada salah satu kepala dinas di Kota Bandung dan seorang PNS staf ahli Wali Kota Bandung.

Baca Juga: KPK Duga Uang Korupsi RTH Bandung Mengalir ke Banyak Pihak 

Mereka memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan korupsi proyek ruang terbuka hijau (RTH) Kota Bandung.

"Iya benar ada (penyidik KPK)," ujar salah seorang petugas kepolisian di kantor Ditpam Obvit Polda Jabar.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Untuk diketahui, Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan tersangka, yakni Kepala DPKAD Hery Nurhayat, mantan anggota DPRD Tomtom Abdul Komar dan Kadar Slamet.

Menurut KPK, anggaran dalam proyek RTH Kota Bandung mencapai Rp123,9 miliar terdiri belanja modal tanah dan belanja penunjang untuk enam ruang terbuka hijau.

Dua di antaranya RTH Mandalajati Rp33,455 miliar dan RTH Cibiru Rp80,7 miliar. Tersangka Tomtom dan Kadar diduga menyalahgunakan kewenangan untuk meminta penambahan anggaran. Selain itu, keduanya diduga berperan sebagai makelar pembebasan lahan.

Sedangkan Hery diduga menyalahgunakan kewenangan dengan mencairkan anggaran yang tidak sesuai dengan dokumen pembelian. Selain itu, dia mengetahui bahwa pembayaran bukan kepada pemilik langsung melainkan melalui makelar.

Baca Juga: Dalami Suap Pengadaan RTH, KPK Periksa Anggota DPRD Bandung

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini