Jokowi Harus Waspadai Koalisi "Gemuk"

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 16 Juli 2019 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 605 2079359 jokowi-harus-waspadai-koalisi-gemuk-3BbjLStFD1.jpeg Presiden RI, Joko Widodo (foto: ist)

JAKARTA - Analisis Politik sekaligus Direktur Kesekutif Voxpol Center Reaserch and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai ucapan presiden terpilih Jokowi dalam pidatonya bertajuk "Visi Indonesia" yang menyebut bahwa sangat mendukung adanya oposisi.

"Yaitu adanya kekuatan penyeimbang dalam rangka mengkoreksi, mengontrol dan mengawasi kerja pemerintah namun catatannya harus santun dan tidak ada unsur ingin menghina ataupun menjatuhkan pemerintah," kata Pangi kepada Okezone, Selasa (16/7/2019).

 Baca juga: Diksi Pidato Jokowi Gambarkan Penegasan Sikapnya di Periode Dua

Menurut Pangi, Jokowi sadar bahwa dengan merangkul pihak parpol pengusung Prabowo bisa menimbulkan polemik di tubuh koalisinya. Hal itu tentu berkaitan dengan jatah kursi di kabinet.

 Jokowi-Maruf Amin

"Wajar sekali mereka khawatir jatah kursi menteri pos trategis partai mereka terganggu," ungkapnya.

Disisi lain Jokowi juga pasti menyadari bahwa parpol koalisinya saat ini sudah cukup. Dengan penambahan parpol tentu membuat koalisi Jokowi gemuk dan tidak leluasa menjalankan roda pemerintahan.

 Baca juga: Gerindra Beri Sinyal Akan Tetap Menjadi Oposisi

"Kalau koalisi gemuk juga membuat masalah baru dan belum tentu juga ada jaminan di parlemen mereka bisa kondisikan dan amankan," paparnya.

Pangi mencontohkan era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak memiliki kekuatan besar di parlemen justru membuat kabinetnya berjalan mulus.

"Berbeda sekali SBY pada periode kedua yang didukung dominan partai koalisi di parlemen, banyak bergabung ke gerbong koalisi pemerintah, justru banyak partai koalisi yang ngak disiplin, yang tidak loyal bahkan menganggu alias berbeda pandangan dengan sikap presiden, memainkan peran kebalik, partai koalisi bercita rasa oposisi," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini