Amien Rais Minta PAN Jadi Oposisi, TKN: Negara Demokrasi Membutuhkan Itu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 06:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 16 605 2079360 amien-rais-minta-pan-jadi-oposisi-tkn-negara-demokrasi-membutuhkan-itu-fxCaLCNxn8.jpg Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf, Karding (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, meminta partainya untuk tetap berada di luar jalur pemerintah atau oposisi sebagai penyeimbang dalam iklim demokrasi.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding mengaku senang dengan ucapan Amien Rais. Menurutnya oposisi memang diperlukan.

"Sekali lagi kita senang aja dan saya kira memang wajib ada oposisi ya kedepan karena memang demokrasi itu membutuhkan oposisi," kata Karding kepada Okezone, Selasa (16/7/2019).

Karding menjelaskan, setiap kebijakan yang nantinya dilahirkan oleh pemerintah harus dikontrol. Hal itu hanya bisa dilakukan pihak oposisi.

 Presiden Jokowi

"Bahkan ada yang berdiskusi separing partner di publik untuk hal-hal tertentu jadi akan lebih baik kalau pengen oposisi," ungkapnya.

Namun politisi PKB itu juga mengingatkan bahwa oposisi juga harus objektif dalam memberikan kritik terhadap pemerintah. Dengan demikian oposisi memiliki peran yang sama penting untuk kemajuan masyarakat.

"(Asalkan) Oposisinya bukan atas dasar kebencian, tidak suka, tapi kita niatkan untuk kemaslahatan umat," tukasnya.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini