Gerindra Berpeluang Gabung di Pemerintahan, PDI-P Tunggu Keputusan Koalisi

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 20 605 2081296 gerindra-berpeluang-gabung-di-pemerintahan-pdi-p-tunggu-keputusan-koalisi-4MaxKLF9fc.jpg

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih belum dapat mengambil sikap terkait peluang bergabungnya Partai Gerindra di pemerintahan. ‎PDI-Perjuangan masih harus menunggu keputusan bersama dari Koalisi Indonesia Kerja.

"PDIP nunggu diajak rembugan Presiden bareng-bareng dengan parpol koalisi lain," kata Politikus PDI-P, Eva Kusuma Sundari kepada Okezone, Jumat (19/7/2019).

Peluang bergabungnya Partai Gerindra di pemerintahan mencuat setelah adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga makan siang bersama di sebuah restoran daerah Senayan.

Pertemuan te‎rsebut syarat terbukanya rekonsiliasi antara Prabowo dengan Jokowi yang sempat 'panas' di Pilpres 2019. Bahkan, Jokowi sudah menyatakan akan merundingkan kembali dengan Koalisi Indonesia Kerja soal kemungkinan Gerindra bergabung dengan pemerintah.

Jokowi-Prabowo

Pertemuan lanjutan antara Jokowi dan Prabowo akan kembali dilaksanakan, dalam waktu dekat. Rencananya, Ketum PDI-P, Megawati Soekarnoputri juga akan ikut dalam pertemuan tersebut.

Waketum Partai Gerindra, Arief Poyuono mengamini bahwa salah satu yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut terkait peluang Gerindra bergabung di pemerintahan. ‎Partai Gerindra sendiri menyatakan bahwa tidak ada masalah jika masuk dalam pemerintahan.

"Salah satunya itu agendanya (peluang Gerindra bergabung dengan koalisi pemerintahan). Dan yang lainnya nanti akan dibahas antara Prabowo-Joko Widodo dan Ibu Mega rencananya. Oke aja (Gerindra masuk dalam pemerintahan)," kata Arief dikonfirmasi terpisah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini