nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Panderman Terbakar, Tim BPBD Cari Pendaki yang Masih di Atas

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 23:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 21 519 2081784 gunung-panderman-terbakar-tim-bpbd-cari-pendaki-yang-masih-di-atas-YJeqiKAWgx.jpg Tim BPBD Kota Batu menunggu informasi terkait pendaki Gunung Panderman (Istimewa)

KOTA BATU – Hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur terbakar, Minggu (21/7/2019) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat langsung mencari tahu dan mendata para pendaki untuk memastikan masih ada di gunung itu atau tidak.

Api yang berkobar dari kebakaran Gunung Panderman terlihat jelas dari bawah hingga kawasan Malang.

"Posisi saya di wilayah dekat perbatasan Dau dengan Kota Batu-nya. Ada seperti cahaya merah di atas pukul 19.45 WIB dan terus membesar. Ternyata baru sadar kalau itu dari kebakaran hutan di Gunung Panderman," ujar Wahyu Dianto , seorang warga kepada Okezone.

Warga di kawasan Gunung Panderman sendiri telah melaporkan adanya titik api ke BPBD Kota Batu yang langsung direspon dengan menerjunkan tim ke lokasi.

"Sudah kumpul pukul 21.00 WIB tadi dari BPBD, Polres, TNI, LMDH, ormas, dan relawan, sekarang posisinya masih bergerak naik menjangkau titik api," kata Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito.Gunung Panderman terbakar

Api dari kebakaran Gunung Panderman terlihat (Istimewa)

Tim berangkat menuju lereng Gunung Panderman dari titik kumpul di Toyomerto, Desa Pesanggaran, Kota Batu. "Kita belum ke titik api. Nanti perkembangannya kapan kami sampaikan kembali. Mohon doanya supaya bisa segera dipadamkan," ujar dia.

Data Pendaki

BPBD Kota Batu berkordinasi dengan posko pantauan untuk mendata sejumlah pendaki yang naik ke puncak Gunung Panderman.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rohim mendapatkan laporan bahwa ada satu grup pendaki yang masih berada di Gunung Panderman.

"Informasinya masih ada satu grup pendaki yang terdiri dua orang belum turun. Ini masih kami data dan telusuri," ujar Rohim.

Menurutnya dua pendaki tersebut bernama Moch Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto.

"Keduanya asal Mojokerto. Sudah ditemukan informasinya sudah turun dan berada di pos pantau Gunung Panderman. Ini masih kordinasi dengan petugas yang ada di sana," kata dia.

Menurutnya laporan dari petugas pos pantau Gunung Panderman saat ini tak ada lagi pendaki di gunung tersebut.

"Tapi untuk memastikan itu, tim gabungan sedang melakukan pendakian ke gunung untuk mencari apakah ada pendaki mengingat adanya kebakaran hutan di Gunung Panderman. Nanti kami sampaikan perkembangannya," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini