Gerindra Incar Posisi Ketua MPR, Nasdem: Harus Dipegang Koalisi Jokowi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 09:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 22 606 2081843 gerindra-incar-posisi-ketua-mpr-nasdem-harus-dipegang-koalisi-jokowi-ZPnr0C9Onu.jpg Ilustrasi sidang MPR/DPR RI. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Partai Nasdem menegaskan posisi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) harus diisi parpol pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Nasdem tidak menghendaki bila jabatan itu diraih parpol di luar Koalisi Indonesia Kerja.

Demikian dikatakan anggota Dewan Pakar Partai Nasdem Taufiqulhadi untuk merespons keinginan Partai Gerindra mengisi kursi ketua MPR.

Baca juga: Golkar Incar Kursi Ketua MPR: Kami Sangat Berpengalaman, Gerindra Belum 

"MPR itu pimpinannya harus dipegang oleh koalisi pendukung Jokowi, tak boleh dari partai lain di luar koalisi," jelasnya saat berbincang dengan Okezone, Senin (22/7/2019).

Gedung MPR, DPR, dan DPD RI. (Foto: Okezone)

Menurut anggota Komisi III DPR ini, mempertahankan kursi ketua MPR dari parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin adalah bentuk soliditas untuk mengawal pemerintahan selama lima tahun ke depan.

"Bukan persoalan jatah, tapi ini menunjukkan soliditas daripada koalisi untuk mengawal Presiden Jokowi. MPR harus dipegang pimpinannya," tegas Taufiqulhadi.

Baca juga: Incar Posisi Ketua MPR, Gerindra: Buang Jauh-Jauh Residu Pilpres 

Lebih lanjut ia menegaskan, jika ada partai koalisi membiarkan kursi ketua MPR diduduki parpol yang tidak mendukung Jokowi, maka sama saja menunjukkan sikap tidak konsisten.

"Menurut saya tak konsisten. Yang baik itu koalisi tetap saja yang memegang. Siapa pun dia, itulah harus koalisi yang dari awal mendukung Jokowi," tegas Taufiqulhadi.

Seperti diwartakan sebelumnya, Partai Gerindra mengincar kursi ketua MPR. Hal tersebut diungkapkan anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra Sodik Mudjahid.

Dia berujar semangat rekonsiliasi mesti diwujudkan dalam penetapan ketua MPR oleh pimpinan parpol. Adapun yang pantas menempati posisi tersebut adalah Partai Gerindra.

Baca juga: Ini Pembicaraan Rapat Dewan Pembina Partai Gerindra di Hambalang 

"Ketua MPR Gerindra, ketua DPR PDIP, Presiden Joko Widodo," ucap Sodik dalam keterangan persnya.

Sidang MPR/DPR RI. (Foto: Okezone)

Selain Gerindra, jabatan ketua MPR ini juga turut diincar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar. Bahkan, partai beringin mengaku telah mendapatkan tanda-tanda pihaknya yang akan menempati jabatan ketua MPR.

Baca juga: Polisi Hentikan Kasus Dugaan Politik Uang Caleg Gerindra 

"Sedang jalan dan tanda-tandanya memungkinkan. Tanda Golkar memimpin MPR," ucap Ketua DPP Golkar Andi Sinulingga, Minggu 21 Juli 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini