Golkar Incar Kursi Ketua MPR: Kami Sangat Berpengalaman, Gerindra Belum

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 06:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 22 606 2081829 golkar-incar-kursi-ketua-mpr-kami-sangat-berpengalaman-gerindra-belum-2DJUMvwjSk.jpg Yahya Zaini (Foto Golkar)

JAKARTA – Partai Golkar dan Gerindra sama-sama mengincar posisi kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Tapi, Golkar tidak ingin Gerindra menduduki jabatan itu. Alasannya, posisi tersebut hanya layak diduduki partai dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Seharusnya Gerindra tahu diri dan cukup menjadi bagian dari pimpinan MPR. Ini pun akan menimbulkan ketidaknyamanan dari parpol koalisi yang ingin dapat jatah sebagai pimpinan MPR,” kata Ketua DPP Golkar Yahya Zaini kepada Okezone, Senin (22/7/2019).

Yahya berujar, semestinya kursi ketua MPR diperuntukkan untuk Partai Golkar. Karena Partai Beringin mendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin sejak awal dan memiliki kursi signifikan di DPR.

“Untuk kursi ketua MPR sangat logis diberikan kepada Golkar. Karena PDIP sebagai pemenang mendapat posisi sebagai ketua DPR, maka ketua MPR diberikan kepada Golkar,” ujarnya.Gedung DPR/MPR

Untuk memuluskan rencana itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto disebut sudah berkonsultasi dengan Presiden Jokowi dan sudah berbicara dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, beserta ketum parpol lainnya.

Baca juga: Incar Posisi Ketua MPR, Gerindra: Buang Jauh-Jauh Residu Pilpres

Yahya melanjutkan, bagi Golkar posisi MPR periode ke depan ini sangat penting dan strategis serta harus ditempati partai berpengalaman, karena terkait dengan ada wacana amandemen UUD 1945 dan menghidupkan kembali GBHN dalam sistem ketatanegaraan.

Baca juga: Golkar Siap Bersaing dengan PKB Berebut Kursi Ketua MPR

“Dan Golkar sangat berpengalaman mengenai hal itu. Mohon maaf kalau Gerindra belum punya pengalaman ikut melakukan amandemen UUD 45,” tandas dia.

Gerindra sebenarnya juga sangat mengincar kursi ketua MPR. Anggota MPR dari Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid menilai partainya pantas menempati posisi tersebut.

“Ketua MPR Gerindra, ketua DPR PDIP, Presiden Joko Widodo,” ucap Sodik.

Selain Gerindra, jabatan ketua MPR ini juga turut diincar oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB menyodorkan ketua umumnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon ketua MPR.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini