nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golkar Siap Bersaing dengan PKB Berebut Kursi Ketua MPR

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 337 2057656 golkar-siap-bersaing-dengan-pkb-berebut-kursi-ketua-mpr-lqyN2kyklq.jpg Ketum Golkar, Airlangga Hartarto/Kanan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memberi pesan bahwa pihaknya siap untuk bersaing dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) soal jabatan di kursi Ketua MPR. Mengingat, partai beringin itu merupakan pemenang tiga besar di Pileg 2019.

"Seizin Pak Muhaimin Iskandar apabila nanti dalam pemilihan Ketua MPR, yang dipilih dalam sistem paket, wajar juga mengusung paket dengan ketua dari Partai Golkar," kata Airlangga dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama Partai Golkar di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebelumnya sempat menyinggung soal dirinya yang akan menempati jabatan Ketua MPR pada saat buka bersama dikediamnnya kemarin.

Menurut Airlangga, keinginan untuk kader partainya menduduki jabatan itu adalah hal yang wajar. Pasalnya, kata Airlangga, hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang MD3.

Cak Imin

Airlangga menjelaskan, PDIP yang keluar sebagai pemenang Pemilu, maka bisa dikatakan secara otomatis dapat jatah menduduki jabatan Ketua DPR dan wakilnya disusul dengan Partai Politik pemenang lainnya.

Kendati begitu, Airlangga menyatakan, sebagai partai yang berada di tiga besar pemenang Pileg 2019, maka Golkar berhak pula untuk menuntut jabatan sebagai Ketua MPR.

"Di DPR RI sudah jelas berdasarkan proporsi, Golkar di situ dapat wakil ketua, tapi seperti biasanya dalam konvensi, koalisi pendukung pak presiden akan mendukung paket juga di MPR, dalam paket itu usulannya karena Golkar pemenang kedua jadi kami usulkan sebagai ketua MPR," tutup Airlangga.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini