nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Buah Selundupkan 9.200 Rokok, Kepala Badan Intelijen Taiwan Mundur

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 17:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 23 18 2082627 anak-buah-selundupkan-9-200-rokok-kepala-badan-intelijen-taiwan-mundur-wp37wWUOFH.jpg Peng Sheng-chu. Foto/Reuters

TAIPEI - Kepala Badan Intelijen Taiwan, National Security Bureau (NSB), mengundurkan diri pada Senin 22/7) setelah salah satu agennya telah menggunakan perjalanan luar negeri oleh Presiden Tsai Ing-wen sebagai kedok untuk menyelundupkan rokok.

Pengunduran diri Kepala NSB, Peng Sheng-chu telah disetujui oleh pemerintah, Central News Agency melaporkan.

Mengutip Taiwan News, Selasa (23/7/2019) petugas yang bertanggung jawab mengawal presiden, Chang Chieh dilaporkan sedang menunggu keputusan untuk dipindah ke unit lain sembari menunggu proses penyelidikan selesai.

Skandal penyelundupan rokok terungkap ketika Huang Kuo-chang, anggota parlemen dari Partai Kekuatan Baru menulis di Facebook-nya bahwa seorang agen NSB mencoba menyelundupkan 9.200 rokok senilai 6,45 juta dolar Taiwan (Rp 2,8 miliar) saat Presiden Tsai kembali ke Taiwan usai melakukan perjalanan dari Karibia.

Bea Cukai mengonfirmasi bahwa semua produk tembakau telah disita dan dipindahkan ke sebuah gudang.

Tersangka utama, diketahui bernama Wu dilaporkan menggunakan pejabat di China Air Lines untuk membeli rokok bebas pajak di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan dan menyimpannya di gudang perusahaan katering maskapai penerbangan yang menunggu kepulangan Presiden Tsai.

Laporan menyebutkan Wu telah tiga kali menyeludupkan rokok dengan modus yang sama.

Presiden Tsai sangat marah terkait insiden itu dan meminta penyelidikan pengadilan atas kasus tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini