KPK Periksa Pejabat Pemprov Kepri untuk Gali Prosedur Perizinan Reklamasi

Aini Lestari, Okezone · Rabu 24 Juli 2019 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 24 340 2083098 kpk-periksa-pejabat-pemprov-kepri-untuk-gali-prosedur-perizinan-reklamasi-9o5hMz1YB4.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah (foto: Okezone)

BATAM - Pemeriksaan terhadap beberapa pegawai jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri masih terus berlangsung di Mapolresta Barelang. Pemeriksaan ini dilakukan guna menggali informasi terkait prosedur pengurusan ijin prinsip pemanfaatan ruang laut yang menjerat Gubernur Kepri Nonaktif, Nurdin Basirun.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, penyidik meminta keterangan terhadap 7 orang pejabat Pemprov Kepri seperti Kabiro Hukum Pemprov Kepri, Kepala Dinas PU Provinsi Kepri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepri dan beberapa pejabat lainnya.

Baca Juga: Diduga Terjerat Kasus Gubernur Kepri Nonaktif, Rumah Mantan Jaksa Batam Digeledah KPK 

"Ada 7 orang diperiksa di Polresta Barelang dari unsur pejabat Pemprov Kepri. Sementara satu saksi dari pihak swasta belum hadir," kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (24/7/2019).

 

Febri menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap sejumlah pejabat, staf hingga sopir di kalangan Pemprov Kepri ini merupakan bagian dari penyidikan kasus gratifikasi Gubernur Kepri Nonaktif Nurdin Basirun.

"KPK perlu mendapatkan informasi terkait dengan alur proses perijinan yang berhubungan dengan perkara," kata Febri lagi.

Sementara itu, dari pantauan di Mapolresta Barelang, pemeriksaan terhadap 14 orang saksi masih terus berlangsung. Belum ada satupun saksi yang tampak meninggalkan Mapolresta Barelang. Pemeriksaan yang berlangsung di lantai 3 tersebut dijaga ketat oleh beberapa anggota polisi bersenjata laras panjang. Penjagaan tak biasa juga masih terlihat di lobi Mapolresta Barelang.

Beberapa orang pejabat tampak turun sekitar pukul 12.30 wib untuk istirahat makan dan shalat Dzuhur. Sekitar satu jam kemudian, beberapa pejabat seperti Kepala Dinas PU Kepri Abu Bakar, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Jamhur Ismail, Kabiro Hukum Pemprov Kepri Herry Mochrizal tampak naik kembali ke lantai 3.

Belum banyak keterangan yang disampaikan mereka kepada awak media. "Pemeriksaan seputar proses perijinan. Itu saja," kata Herry Mochrizal yang sempat ditemui wartawan.

Baca Juga: 14 Orang Pegawai Pemprov Kepri Diperiksa KPK

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini