nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemlu Pulangkan 3 Warga Kalbar Korban "Kawin Pesanan" di China

Dina Prihatini, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 25 340 2083605 menlu-pulangkan-3-warga-kalbar-korban-kawin-pesanan-di-china-yWfAvN9XVO.jpg Ilustrasi.

PONTIANAK - Kementerian Luar Negeri mengembalikan tiga warga Kalimantan Barat ke keluarga masing-masing, setelah menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok ‘kawin pesanan’.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan hingga saat ini, masih ada beberapa WNI yang berada di KBRI dan dalam proses pemulangan. "Mereka ini semua menjadi korban TPPO dengan modus perkawinan pesanan, bahwa presiden sudah memberikan perintah untuk bergerak dan melakukan pencegahan agar tidak terjadi kasus serupa," ungkap Menlu di Kapolda Kalbar, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, TPPO adalah sebuah kejahatan dan harus diselesaikan, dalam hal ini juga penting untuk melakukan kerjasama. "Kita juga sudah melakukan kerjasama dengan Tiongkok," ujarnya.

Kerjasama juga dilakukan Kemenlu kepada pemerintah Tiongkok dan telah melakukan pertemuan pada hari Senin lalu. "Intinya kita ingin kasus ini dilihat sebagai dugaan kasus TPPO bukan murni isu pernikahan biasa," urainya.

Ilustrasi.

Dari pertemuan dengan 7 orang yang menjadi korban TPPO, kata Menlu, pihaknya mendapatkan informasi soal pola yang digunakan pelaku untuk mengelabui korban agar menerima tawaran pergi keluar negeri.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan Polri dan Polda Kalbar untuk membidik jaringan TPPO ini," ujarnya.

Retno melakukan kordinasi terkait TPPO Karena kordinasi ini sangat penting untuk menyelesaikan masalah TPPO yang belakangan ini sering terjadi. "Hasil tidak akan maksimal tanpa dilakukan pencegahan untuk mencegah munculnya kasus baru," ujarnya.

Gubernur Kalbar H Sutarmidji meminta aparat untuk mengusut kasus korban TPPO ini. "Kelemahan ini harus diselesaikan. Imigrasi dan Dukcapil, harus tegas," kata H Sutarmidji saat mendampingi Menlu RI bertemu korban TPPO.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini