Pendakian ke Gunung Arjuno Masih Ditutup

Avirista Midaada, Okezone · Senin 29 Juli 2019 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 29 519 2085178 pendakian-ke-gunung-arjuno-masih-ditutup-QTm0TxduUG.jpg Ilustrasi Pendakian (foto: Okezone)

KOTA BATU - Meski api di kawasan Gunung Arjuno yang berada di Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerjo telah dinyatakan padam, petugas masih terus bersiaga.

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahura Raden Soerjo, Dedi Hadiana menyatakan petugas masih terus bersiaga di pos bilamana api kembali muncul.

Baca Juga: Kebakaran Lereng Gunung Arjuno Berhasil Dipadamkan 

"Memang pada pukul 12.00 WIB siang tadi api sudah padam, tapi kami terus bersiaga dengan melakukan pemantauan," ungkap Dedi pada Senin malam (29/7/2019).

Kebakaran hutan Gunung Arjuno	 

Selain masih bersiaga, pihak pengelola Tahura R. Soerjo juga masih menutup akses pendakian ke Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

"Kami sementara ini masih menutup akses pendakian ke Gunung Arjuno dan Gunung Welirang sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mengantisipasi kalau terjadi kebakaran lagi," lanjutnya.

Menurut Dedi, api di Gunung Arjuno ditemukan pada ketinggian 2.800 mdpl dan diduga berasal aktivitas manusia alias sengaja dibakar.

"Kalau melihat kebakarannya itu sengaja dibakar oleh oknum manusia. Tapi apa motifnya kami masih belum dalami, masih fokus untuk penanganan pasca padam," ucapnya.

Baca Juga: Petugas Gabungan Kesulitan Padamkan Titik Api di Tebing Gunung Arjuno 

Sebelumnya pada Minggu pagi 28 Juli 2019, asap pekat yang timbul dari kebakaran lahan hutan di Gunung Arjuno, Jawa Timur, tampak pada sisi barat tepatnya di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tim gabungan terdiri dari beberapa instansi akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar setidaknya 40 hektar lahan di Gunung Arjuno pada Senin siang. (fid)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini