nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tekan AS-Korsel, Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik Jarak Dekat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 09:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 31 18 2085756 tekan-as-korsel-korut-luncurkan-dua-rudal-balistik-jarak-dekat-yyzWcRI91Z.jpg Foto: AFP.

SEOUL – Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik jarak pendek pada Rabu, 31 Juli, hanya sehari setelah meluncurkan dua rudal lainnya, demikian dilaporkan militer Korea Selatan. Tindakan itu diduga dilakukan Pyongyang guna menekan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan untuk membatalkan latihan militer mereka yang akan datang.

Reuters, Rabu (31/7/2019) melaporkan, kedua rudal tersebut diluncurkan dari Semenanjung Hodo di pantai timur Korea Utara. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya masih memantau kemungkinan dilakukannya peluncuran rudal lain.

Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan bahwa kedua rudal itu meluncur sejauh 250 kilometer. Sementara kantor berita Korea Selatan mengatakan bahwa kedua rudal tersebut diduga merupakan tipe yang berbeda dari yang diluncurkan sebelumnya.

Militer AS mengatakan bahwa pihaknya masih memantau situasi yang terjadi.

"Kami mengetahui laporan peluncuran rudal dari Korea Utara dan kami akan terus memantau situasinya," kata Juru Bicara Militer AS di Korea Selatan, Kolonel Lee Peters. Namun, Kolonel Peters tidak menjelaskan apakah latihan militer AS-Korsel yang dijadwalkan akan berlangsung bulan depan akan dilanjutkan atau tidak.

Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek baru pada 25 Juli, tes rudal pertama sejak pemimpin Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump bertemu pada 30 Juni dan setuju untuk menghidupkan kembali pembicaraan denuklirisasi yang macet.

Sejauh ini Gedung Putih, Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS masih belum memberikan komentarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini