Mesir Nyatakan Ledakan Mobil Maut di Kairo Sebagai "Insiden Terorisme"

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 Agustus 2019 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 18 2088227 mesir-nyatakan-ledakan-mobil-maut-di-kairo-sebagai-insiden-terorisme-poiFWlPZY5.jpg Foto: AFP.

KAIRO – Mesir menyatakan bahwa ledakan yang terjadi di Kairo pada Minggu, 4 Agustus adalah sebuah serangan teroris. Ledakan yang dipicu oleh tabrakan yang melibatkan tiga mobil tersebut telah menewaskan 20 orang.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, sebuah mobil yang melaju melawan arah menabrak tiga mobil lainnya di depan rumah sakit institut kanker di Kairo pada Minggu. Selain puluhan korban tewas, 47 orang lainnya juga mengalami luka-luka akibat ledakan tersebut, dengan tiga di antaranya dalam keadaan kritis.

BACA JUGA: Ledakan di Pusat Kota Kairo Tewaskan 17 Orang

Presiden Abdel Fattah al-Sisi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban yang terbunuh dalam "insiden yang dilakukan teroris pengecut" itu.

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada rakyat Mesir dan keluarga para martir yang terbunuh dalam insiden teroris pengecut di sekitar wilayah Kasr al-Aini kemarin malam," tulisnya dalam penghormatan kepada para korban di akun media sosial resminya sebagaimana dilansir BBC, Selasa (6/8/2019).

Tabrakan dan ledakan itu juga memicu kebakaran yang memaksa evakuasi bangunan di dekatnya. Foto-foto mobil yang terbakar dan gumpalan asap telah banyak dibagikan di media sosial.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Khaled Megahed mengatakan bahwa para korban menderita "beberapa luka bakar dengan berbagai tingkat". Sementara sekira 78 pasien kanker yang sedang dirawat di dalam rumah sakit sekarang telah dipindahkan ke fasilitas lain.

Jaksa penuntut umum telah memerintahkan penyelidikan tentang penyebab kecelakaan itu, sementara polisi mengatakan mereka menduga serangan itu dilakukan oleh Hasm, kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini