Share

Kim Jong-un Kenakan Arloji Rp170 Juta Saat Saksikan Peluncuran Rudal Korut

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 09 Agustus 2019 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 18 2089741 kim-jong-un-kenakan-arloji-rp170-juta-saat-saksikan-peluncuran-rudal-korut-5cbAcNyJug.jpg Kim Jong-un manyaksikan peluncuran rudal jarak pendek Korea Utara pada 25 Juli 2019. (Foto: Rodong Sinmun)

SEOUL – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un terlihat mengenakan arloji Swiss yang diperkirakan bernilai W14 juta (sekira Rp170 juta) saat dia memantau peluncuran rudal jarak pendek pada 25 Juli.

Dalam rekaman dari televisi pemerintah, Kim terlihat mengenakan arloji emas di lengan kirinya saat dia mengangkat teropong untuk mengamati peluncuran rudal tersebut. Pakar arloji telah mengidentifikasi jam tangan itu sebagai IWC Portofino Automatic.

"Rasio bezel dan penampilan lug pada arloji Kim Jong-un cocok dengan Portofino Automatic. Lokasi jendela tanggal dan bentuk logo juga identik,” kata Pakar Spesialis Arloji, Kim Chang Kyu kepada Chosun Ilbo.

Foto: YouTube/Govberg Jewelers.

Menurut Kim, jam tangan yang cocok dikenakan pria dan wanita itu dihargai sekira 11.700 franc Swiss atau setara dengan W14 juta (sekira Rp170 juta).

Barang-barang mewah termasuk arloji kelas atas, telah menjadi komoditi yang dilarang masuk ke Korea Utara di bawah sanksi PBB. Namun, barang-barang tersebut, termasuk perhiasan dan produk olahraga seperti Adidas, tetap dapat ditemukan di Pyongyang.

Sebuah departemen store yang baru dibuka di Pyongyang memajang berbagai barang-barang mewah yang di antaranya berasal dari merek-merek terkenal seperti Tissot, Rolex, Adidas dan Nike. Barang-barang mewah itu tampak timpang dengan kondisi perekonomian di Korea Utara, dan kemungkinan tidak dapat dijangkau oleh warga biasa di negara itu. Pada Mei, PBB memperingatkan bahwa sedikitnya 10 juta penduduk negara itu terancam mengalami kelaparan yang parah.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini