nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran di Gunung Ciremai Meluas hingga 300 Hektare

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 525 2089807 kebakaran-di-gunung-ciremai-meluas-hingga-300-hektar-ndAJ7bKwzt.jpg Gunung Ciremai (foto: ist)

KUNINGAN - Kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, hingga Jumat (9/8/2019) pagi belum bisa dipadamkan. Kencangnya tiupan angin membuat kobaran api meluas dan menyulitkan petugas memadamkan api.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mualudin mengatakan, diperkirakan luas lahan terbakan di kawasan TNGC hingga saat ini mencapai lebih dari 300 hektar. Bahkan, kobaran api yang meluas sudah melebihi setengah ukuran kawah Gunung Ciremai.

"Untuk saat ini diperkirakan sudah mencapai lebih dari 300 hektar. Mungkin sudah 350 hektar lebih," ujar Agus kepada Okezone, Jumat (9/8/2019).

 Gunung Ciremai

Agus menyebutkan, saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebaran lahan di Gunung Ciremai. Disebutkan Agus, polisi sudah berangkat ke lokasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

"Penyebabnya masih belum kita ketahui. Soalnya, kebakaran terjadi di lereng-lereng yang curam, " sambungnya.

Agus juga mengaku, para pendaki yang berada di Jalur Pendakian Gunung Ciremai sudah berhasil dievakuasi. Para pendaki tersebut dikatakan Agus dalam kondisi baik.

"Tidak ada korban jiwa. Semuanya selamat, " ucap dia.

Guna mengantisipasi kobaran api yang semakin meluas. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BNPB Jawa Barat untuk melakukan water bombing. Rencananya, water bombing akan dilakukan secara dua kali trip (penerbangan), dengan kapasitas air yang diangkut mencapai 1.000 liter.

Gunung Ciremai

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini