nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penembak Jamaah Masjid di Norwegia Mengaku Tidak Bersalah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 18 2091064 penembak-jamaah-masjid-di-norwegia-mengaku-tidak-bersalah-Tgx8DEoaOu.jpg Philip Mashaus, penyerang masjid di Norwegia. Foto/Reuters

OSLO - Philip Manshaus, seorang pria berusia 21 Pria yang menembaki jamaah masjid di Norwegia pada Sabtu (10/8) dan telah membunuh saudara tirinya tidak mengakui kejahatannya.

"Dia menggunakan haknya untuk tidak diinterogasi," kata pengacaranya, Unni Fries mengutip Reuters. "Dia tidak mengakui bersalah."

Philip Manshaus, tinggal di dekat Islamic Center al-Noor di pinggiran Oslo, ibu kota Norwegia. Polisi menyatakan ia berpaham kanan ekstrem dan anti-imigran.

Polisi menahan Manshaus atas dugaan pembunuhan, serta melanggar undang-undang anti-terorisme dengan menyebarkan ketakutan di masyarakat.

"Jaksa meminta tersangka ditahan dalam isolasi penuh selama empat minggu, tanpa akses ke komunikasi luar, pengunjung atau media apa pun," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

"Investigasi masih dalam tahap awal dan tersangka belum membuat pernyataan kepada polisi."

Foto/Reuters

Sidang pengadilan tidak akan dibuka untuk umum.

Vonis bersalah atas tuduhan melanggar undang-undang anti-terorisme dapat menjatuhkan hukuman hingga 21 tahun penjara, seperti halnya pembunuhan terhadap saudara tiri pelaku yang berusia 17 tahun, menurut pedoman hukum Norwegia.

Seorang saksi, Waheed Ahmed mengatakan kepada Reuters bahwa saat serangan terjadi hanya ada tiga orang yang hadir di masjid untuk persiapan perayaan Idul Adha yang digelar pada Minggu.

Mohammad Rafiq, seorang pensiunan perwira Angkatan Udara Pakistan berusia 65 tahun adalah yang pertama dari tiga orang di masjid yang menyerbu pelaku penyerangan.

"Tiba-tiba saya mendengar suara tembakan dari luar," kata Rafiq kepada Reuters, menambahkan bahwa seorang pria kemudian memasuki gedung dengan senjata dan pistol.

"Dia mulai menembak ke arah dua orang lainnya," kata pria yang sudah dua setengah tahun tinggal di Norwegia itu. Dia kemudian telah menangkap pelaku, menjatuhkannya dan merebut senjatanya.

Meski tembakan sempat dilepaskan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini