nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semarakkan HUT Ke-74 RI, Warga Rumpin Bogor Pajang Foto Pahlawan di Pinggir Jalan

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 22:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 338 2091532 semarakkan-hut-ke-74-ri-warga-rumpin-bogor-pajang-foto-pahlawan-di-pinggir-jalan-8aEHixbqiO.jpg Warga Rumpin, Bogor memajang foto pahlawan di pinggir jalan untuk semarakkan HUT ke-74 RI (Foto: Putra Ramadhani)

BOGOR - Menjelang perayaan HUT ke-74 RI, banyak masyarakat berlomba-lomba untuk mengisi berbagai kegiatan yang bertemakan kemerdekaan. Mulai dari mengadakan lomba unik hingga menghias kampung.

Seperti yang dilakukan warga di Kampung Panoongan, RT 02 RW 04, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini misalnya. Mereka menghias kampungnya dengan memajang foto-foto pahlawan kemerdekaan.

"Agar warga kami (Rumpin) mengenang jasa para pahlawan yang dulu berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah," kata Sekretaris Panita, Mulya Diva, kepada Okezone, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga: BPIP Akan Berikan Apresiasi kepada 74 Tokoh Pancasila

Tidak hanya pahlawan, foto pemimpin negara dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terpampang di pinggir jalan. Ada pula foto-foto menteri yang pernah berkunjung ke wilayah Rumpin.

"Foto pejabat yang sudah pernah ke Rumpin juga kita tampilkan disini dalam kurun empat tahun. Saya sebagai warga sangat bangga bahwa Rumpin telah banyak dikunjungi pejabat tinggi," tuturnya.

Warga Rumpin majang foto pahlawan

Selain itu, warga juga menghias kampung dengan membuat gapura dari bahan bambu yang dihias semenarik mungkin dengan tema kemerdekaan. Semuanya merupakan hasil sumbangan warga.

"Selain foto yang ditampilkan ada juga pernak pernik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan gapura terbuat dari bambu. Anggaran dari swadaya warga Kampung Penoongan," tambahnya.

Baca Juga: Anies Terbitkan Instruksi, PNS DKI Wajib Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Ketua RT 02 Agus mengatakan, pemasangan foto-foto tersebut merupakan pertama kalinya dilakukan warga. Dengan begitu, diharapkan warga kembali mengenang semua pahlawan-pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan.

"Ini bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara. Acara ini memang rutin setiap tahunnya untuk pemasangan gapura dan pernak pernik merah putih. Tapi untuk foto-foto itu pertama kali," ucap Agus.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini