nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donald Trump Komentari Demo Hong Kong: Saya Harap Tidak Ada yang Terluka dan Tewas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 09:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 18 2091655 donald-trump-komentari-demo-hong-kong-saya-harap-tidak-ada-yang-terluka-dan-tewas-eTu4pUh5dz.jpeg Presiden AS Donald Trump. Foto/AP News

NEW JERSEY – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut situasi di Hong Kong sangat rumit.

"Saya harap ini berhasil dengan damai, tidak ada yang terluka, tidak ada yang terbunuh," katanya mengutip CNN, Rabu (14/8/2019).

Hong Kong sedang mengalami situasi di mana protes telah berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Baca juga: 75 WNI Terdampak Penundaan Penerbangan Akibat Demonstrasi Massal Hong Kong

Baca juga: Situasi Memanas, Pemerintah Indonesia Umumkan Imbauan Perjalanan ke Hong Kong

Trump mengklaim mendapat informasi dari intelijen AS bahwa sedang memindahkan pasukannya ke perbatasan dengan Hong Kong. Ia menyerukan agar semu pihak tenang di tengah meningkatnya protes massa pro-demokrasi di Hong Kong.

Foto/Reuters

Trump menyampaikan laporan intelijen dalam sebuah tweet ketika para pengunjuk rasa melumpuhkan bandara Hong Kong yang bertentangan dengan para pemimpin kota itu.

“Intelejen kami telah memberi tahu bahwa Pemerintah China memindahkan pasukan ke Perbatasan dengan Hong Kong. Semua orang harus tenang dan aman!” tulis Trump di Twiter.

Negara dan media sosial China sebelumnya telah menayangkan video pasukan keamanan berkumpul di kota Shenzen, yang berdekatan dengan Hong Kong.

The Global Times dan People's Daily memuat video berdurasi satu menit yang mengkompilasi klip-klip truk pengangkut personel militer dan kendaraan lapis baja.

Video itu juga memperlihatkan sekira belasan kendaraan lapis baja yang tampaknya melewati kota Guangzhou selatan.

Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times yang dikelola pemerintah, mengatakan di media sosial bahwa kehadiran militer adalah tanda bahwa jika situasi di Hong Kong tidak membaik, China akan turun tangan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini