nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Prediksi Potensi Terjadinya Hujan di Jambi Masih Sangat Sulit

Azhari Sultan, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 12:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 340 2091720 bmkg-prediksi-potensi-terjadinya-hujan-di-jambi-masih-sangat-sulit-neYrJ0U15z.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan (foto: Ist)

JAMBI - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, Addi Setiadi menegaskan, potensi hujan turun di Provinsi Jambi, pada Agustus 2019 sangat sulit terjadi. Pasalnya, sekarang ini merupakan puncak dari pada musim kemarau.

"Jadi untuk terjadinya hujan itu sangat sulit, karena yang mendominasi angin pada level atas ketinggian itu sifatnya kering," ujar Addi saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: Bangunan SD di Mempawah Kalbar Nyaris Hangus Akibat Karhutla 

Menurutnya, kalau ada hujan itupun ada di bagian Barat seperti di Kabupaten Kerinci, Merangin, kemudian Bungo. "Itupun hujan kategori ringan, yakni curah hujannya 0,1 sampai 5 mili meter per jam," ucap Addi.

TNI padamkan kebakaran hutan di Jambi (istimewa)	 

Dia menambahkan, dengan adanya puncak musim kemarau seperti sekarang ini. Itu juga berpengaruh dari pada titik panas. Beruntung, titik panas di Provinsi Jambi saat ini kian menurun.

Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP (Tingkat Kepercayaan >50%), tanggal 13 Agustus 2019 update tanggal 14 Agustus 2019 pukul 05.00 WIB, di wilayah Provinsi Jambi terdapat 1 titik panas, yaitu di Kabupaten Tanjungjabung Barat, tepatnya di Kecamatan Senyerang.

"Ini kalau terjadi lama kelamaan, kalau hotspotnya banyak akan mempengaruhi jarak pandang. Dan jarak pandang akan lebih turun lagi," tuturnya.

Data jarak pandang di Bandara Sultan Thaha, Jambi pada Selasa kemarin mencapai 4.000 meter atau 4 kilometer. Dengan kondisi yang terjadi saat ini, BMKG Jambi memprediksi akan turunnya hujan di Provinsi Jambi mulai September 2019 mendatang.

Baca Juga: Polda Jambi Selidiki 4 Perusahaan yang Lahannya Terbakar 

"Kalau kita perhatikan, nanti September dekade dua, di atas tanggal 20-an akan turun hujan. Itupun hujan yang kategori hujan ringan sampai dengan sedang," urainya.

Dari data yang tercatat, wilayah yang banyak terkena hujan itu di wilayah Barat Provinsi Jambi, seperti daerah Jangkat, Merangin, Kerinci. "Itu pun hanya suport-suport, karena kategori ringan sampai sedang tapi cakupannya tidak luas," kata Addi. (fid)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini