nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Balai Taman Nasional Tesso Nilo Selidiki Kebakaran di Kawasan Gajah Latih

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 16:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 340 2091883 balai-taman-nasional-tesso-nilo-selidiki-kebakaran-di-kawasan-gajah-latih-5qpLHZ6xLw.jpg Ilustrasi Gajah (foto: Okezone)

PEKANBARU - Kebakaran di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Riau mendekati kamp Flying Squad atau kawasan gajah latih. Pihak Balai TNTN menjelaskan, bahwa kebakaran di tempat pusat gajah latih untuk penanganan konflik sudah bisa diatasi.

"Saat ini daerah Flying squad sudah berhasil kita atasi. Saat ini masih tahap pendinginan di lokasi," kata Kepala Balai TNTN, Halasan Tulus kepada Okezone, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: Taman Nasional Tesso Nilo Riau Terbakar, Gajah Dievakuasi 

Menurutnya kebakaran di Flying Skuad terjadi sejak 12 Oktober 2019. Kebakaran hanya berjarak 50 meter dari kamp. Pihak Balai TNTN menyatakan belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran.

"Kita masih selidiki apa penyebab kebakaran apa ada unsur kesengajaan atau tidak? Mungkin saja kebakaran berada dari luar flying squad dan merambat ke tempat kita," imbuhnya.

Gajah di Taman Nasional Tesso Nilo Dievakuasi Saat Kebakaran Hutan (foto: Ist)	 

Dia memperkirakan luas areal di Flying Squad yang terbakar 1 hektar. Selain di Kamp Flying Squad, kebakaran terjadi di beberapa titik di TNTN. Kawasan konservasi TNTN memiliki luas 83 ribu hektar.

Kawasan ini diperuntukkan untuk gajah Sumatera. Namun saat ini TNTN sudah di kapling-kapling menjadi kebun sawit, kebun karet dan pemukiman.

Baca Juga: Bangunan SD di Mempawah Kalbar Nyaris Hangus Akibat Karhutla 

Flying Squad TNTN berada di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Pelalawan. Di Flying Squad berisi delapan ekor gajah latih. Gajah gajah di TNTN ini merupakan garda terdepan untuk mengatasi konflik gajah liar dengan manusia. Di dalam TNTN ada 150 ekor gajah yang menyebar di tiga titik.

Adanya kebakaran di Flying Squad TNTN membuat gajah latih terganggu. Delapan satwa berbelalai dievakuasi ke tempat yang aman.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini