Jokowi Bocorkan Komposisi Kabinet Kerja Jilid II: 45% Diisi Parpol, 55% Profesional

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 605 2091897 jokowi-bocorkan-komposisi-kabinet-kerja-jilid-ii-45-diisi-parpol-55-profesional-ZPdtgHFn1g.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan penyusunan Kabinet Kerja Jilid II sudah final. Adapun komposisi jabatan itu diisi 45 persen orang-orang dari kader partai politik dan 55 persen lagi dari kalangan profesional.

Bocoran itu disampaikan Jokowi dalam pertemuan tertutup dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2018).

Jokowi tak menyebut siapa nama-nama jajaran menteri yang telah disusunnya tersebut. "Menteri yang bagus, yang bisa eksekusi," ujar Jokowi.

Kepala Negara tak menyebutkan alasan mengapa komposisi parpol lebih sedikit dari kalangan profesional dalam kabinetnya bersama Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin.

"Komposisi ya 46-55. Jadi 45 persen akan dikonsultasikan ke parpol dan 55 persen dari Jokowi-Ma’ruf," kata mantan gubenur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Beredar Nama-Nama Menteri Jokowi-Ma'ruf di Kabinet Kerja Jilid II

Jokowi menyatakan hampir semua parpol pendukungnya akan dapat jatah jabatan menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

"Soal jumlah ya dari PDIP pasti ada, PKB, Golkar, dan lain-lain," tutur Jokowi.

Sebelumnya partai-partai politik pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin sudah mengajukan nama-nama kadernya yang layak dianggap sebagai menteri ke Presiden Jokowi. PDIP sebagai parpol pemenang Pemilu 2019 meminta jatah kursi terbanyak dan Jokowi sudah mengaminkannya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini