nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Teman Terlilit Utang, Oknum Prajurit TNI Nekat Curi Mobil

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 22:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 14 608 2091964 bantu-teman-terlilit-utang-oknum-prajurit-tni-nekat-curi-mobil-IQsxstjqrV.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

 


KARO - Personel Kepolisian dari Polres Karo, Sumatera Utara, menangkap dua orang terduga pelaku pencurian mobil milik warga. Keduanya ditangkap di kawasan kaki Gunung Api Sinabung, di Desa Naman, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo pada Selasa 13 Agustus 2019 kemarin.

Mereka adalah Ahmad Khairuman (38) dan seorang oknum TNI Angkatan Laut atas nama Sertu Fath Aidi. Sertu Fath berdinas di Gudang Satkom Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I/Belawan.

Kasat Reskrim Polres Karo, AKP Rasmaju Tarigan mengungkapkan, penangkapan keduanya bermula dari laporan terusan Polsek Pancurbatu, Medan, yang menginformasikan kepada Polres Karo mengenai terjadinya pencurian sebuah mobil Toyota Avanza berwarna hitam di Pemandian Alam Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, sekitar pukul 14.30 WIB.

Lewat GPS yang terpasang di mobil tersebut, diketahui bahwa mobil berada di Desa Torong, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Sehingga kemudian AKP Rasmaju Tarigan dibantu Kapolsek Simpang Empat Iptu Dedy S. Ginting dan anggota melakukan pengejaran.

 Oknum TNI mencuri

Upaya pengejaran membuahkan hasil, mobil Avanza berpelat nomor BK 1076 UQ itu terlihat sedang melaju dengan kecepatan tinggi di Desa Naman, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo.

Terjadilah kejar-kejaran dan petugas polisi memepet para pelaku, tetapi mereka kemudian menabrakkan mobil curiannya ke mobil petugas. Namun kejadian itu tidak berlangsung lama.

Sertu Fath Aidi dan rekannya akhirnya menyerah dengan menghentikan mobil setelah polisi melepaskan tembakan peringatan ke udara.

Menurut pengakuan para pelaku, mereka sama-sama mendatangi mobil sasaran dan yang bertugas menyetir mobil adalah Ahmad Khairuman. Setelah berhasil membawa mobil, mereka berencana menuju Kota Binjai memintas jalan melalui wilayah Karo.

"Mereka katanya baru kali ini mencuri mobil dan mereka mencuri karena Ahmad Khairuman terlilit utang," ungkap AKP Rasmaju.

Namun polisi belum dapat memastikan apakah warga Dusun III Sukamakmur, Pantai Gemi, Stabat, Kabupaten Langkat, yang mengaku sebagai wiraswasta itu menjadi pelaku utama dalam pencurian ini atau bukan. Kendati kepada Polisi dia mengaku mobil itu menjadi sasaran karena pernah merentalnya.

"Mobilnya dirental kemudian kuncinya digandakan, tetapi dia tidak tahu ada GPS tersembunyi," terang AKP Rasmaju.

 Mobil Pencurian

Adapun hubungan antara Sertu Fath Aidi dengan Ahmad Khairuman adalah satu tempat tinggal dan kawan dari kecil, sama-sama tinggal di daerah Stabat.

Karena lokasi pencurian berada di wilayah hukum Polsek Pancur Batu, maka Polres Karo sudah menyerahkan para pelaku dan barang-barang bukti ke Polsek Pancur, tadi malam. Sedangkan Sertu Fath Aidi sudah dijemput oleh POM TNI AL Lantamal I Belawan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini