nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Yakin Presiden China Xi Jinping Bisa Selesaikan Masalah Hong Kong dengan Manusiawi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 16:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 18 2092326 trump-yakin-presiden-china-xi-jinping-bisa-selesaikan-masalah-hong-kong-dengan-manusiawi-BqxLYKpxuG.jpg Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump. Foto/Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meyakini Presiden China Xi Jinping akan menyelesaikan protes massa pro-demokrasi Hong Kong secara manusiawi.

“Saya yakin jika Presiden Xi (Jinping) ingin cepat dan manusiawi menyelesaikan masalah Hong Kong, dia dapat melakukannya," kata Trump mengutip Reuters, Kamis (15/8/20190.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan sebelumnya pada Rabu (14/8) bahwa AS "sangat prihatin" dengan pergerakan militer China di perbatasan Hong Kong.

Foto/Reuters

Kekhawatiran AS muncul setelah anggota parlemen senior AS dari partai Demokrat dan Republik meminta Trump untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap China karena intevensi di Hong Kong.

Baca juga: China Sebut Aksi Pedemo di Bandara Hong Kong seperti Teroris

Baca juga: Kendaraan Militer China Konvoi Menuju Kota Dekat Hong Kong

Donald Trump seblumnya juga menyebut situasi di Hong Kong sangat rumit. Ia mengaku tidak ingin aksi protes menyebabkan orang terluka apalagi tewas.

Foto/Reuters

Trump mengklaim mendapat informasi dari intelijen AS bahwa sedang memindahkan pasukannya ke perbatasan dengan Hong Kong. Ia menyerukan agar semu pihak tenang di tengah meningkatnya protes massa pro-demokrasi di Hong Kong.

Foto/Reuters

Hong Kong usai diserahkan Inggris ke China pada 1997 menjalankan prinsip “Satu Negara dua Sistem.” Namun sejak RUU Ektradisi diwacanakan membuat massa pro-demokrasi Hong Kong melakukan protes panjang hingga saat ini.

Meski RUU telah ditangguhkan, pedemo menuntut lebih luas agar ada penyelidikan atas kebrutalan polisi saat menangani pedemo dan meminta Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mundur.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini