nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Gagal, Polri & TNI Terus Negosiasi Redam Kerusuhan di Manokwari

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 11:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 340 2093722 sempat-gagal-polri-tni-terus-negosiasi-redam-kerusuhan-di-manokwari-OioVV3RyyU.jpg Kerusuhan di Manokwari Papua Barat (Foto: Chanry/Okezone)

JAKARTA - Upaya negosiasi dari pihak Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat terhadap aksi demonstrasi yang diwarnai kerusuhan di Manokwari, Papua Barat sempat gagal lantaran massa masih terpancing emosi.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, ketika terjadinya demonstrasi pihak terkait sudah sempat melakukan proses negosiasi kepada massa namun gagal lantaran pendemo masih melakukan provokasi.

"Negosiasi dan komunikasi masih terus dilakukan baik Kapolda, Pangdam, Wagub saat ini mereka bertiga temui langsung pengunjuk rasa namun demikian saat mereka bertiga temui massa ada provokasi dari masyarakat melempar batu," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).

Setelah proses negosiasi itu massa pun kembali melakukan demonstrasi dengan melakukan sedikit kerusuhan.

Papua

Baca Juga: Demo di Manokwari Rusuh, Massa Bakar Kantor DPRD Papua Barat

Kendati demikian, Dedi mengungkapkan, sampai saat ini, Polri, TNI dan Pemprov masih terus melakukan upaya-upaya negosiasi untuk melakukan peredaman kepada massa.

"Mereka bertiga akan temui masa lagi dan tokoh masyarakat sudaj diimbau untk meredam dan jaga Manokwari kondusif," ujar Dedi.

Sekadar diketahui, unjuk rasa warga di Kota Manokwari, Papua Barat, disebut sebagai bentuk protes dugaan persekusi dan serangan rasis terhadap mahasiswa Papua di Pulau Jawa. Bahkan, massa melakukan pembakaran terhadap Kantor DPRD Papua Barat.

Selain itu, pengunjuk rasa juga memenuhi jalan-jalan utama Kota Manokwari. Sejumlah ruas jalan protokol di Ibu Kota Papua Barat itu diblokir massa.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini