nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suasana Sekitar Asrama Mahasiswa Papua di Makassar Mulai Kondusif

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 02:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 21 609 2094553 suasana-sekitar-asrama-mahasiswa-papua-di-makassar-mulai-kondusif-pKDPEu40rY.jpg Warga Papua di Makassar bersama Gubernur dan Wali Kota setempat. (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR – Adanya keributan yang terjadi antara mahasiswa Papua dengan sejumlah masyarakat sempat membuat gaduh. Kaca bangunan Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dilempar batu pada Senin 19 Agustus 2019 malam.

Belum jelas motif pelemparan tersebut, namun saat ini kondisi di sana sudah mulai kondusif.

Baca juga: Warga Papua di Jambi Tegaskan Merasa Nyaman dan Tidak Terprovokasi 

Yahya, salah satu tokoh masyarakat Papua di Makassar, mengatakan saat ini dirinya bersama warga Papua lainnya meminta perlindungan kepada pihak berwajib dan pemerintah setempat dengan adanya insiden tersebut.

Ia berharap kondisi bisa segera stabil agar dapat kembali beraktivitas seperti semula.

(Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

"Sebagai tokoh masyarakat Papua, tentunya berharap ini segera diredam. Meminta pihak berwajib bersama pemerintah untuk melindungi hak hidup kami di Makassar," ucap Yahya, Selasa 20 Agustus 2019.

Baca juga: Diplomasi Papeda ala Khofifah untuk Dinginkan Suasana Pasca-Insiden di Asrama Mahasiswa Papua 

Sementara Anto, ketua Asrama Mahasiswa Papua di Makassar, menuturkan saat ini ia bersama teman-teman sedang berkumpul di asrama beserta warga Papua lainnya agar kejadian senin malam tidak terulang.

"Penghuni asrama saat ini ada 84 orang. Sudah berkumpul semua, ditambah dengan beberapa warga Papua yang hidup di Makassar. Kami tampung menghindari aksi yang tidak diinginkan. Kami ingin dilindungi," ucap Anto.

Menyikapi keluhan warga Papua ini, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengunjungi Asrama Mahasiswa Papua dan mengajak makan siang bersama sekaligus memberikan jaminan keamanan kepada mereka.

"Selain mengajak warga Papua untuk makan bersama, kesempatan ini saya haturkan berikan jaminan keamanan kepada warga Papua yang ada di Makassar dan Sulsel. Untuk sementara akan dijaga dulu oleh beberapa aparat hingga kondisi dipastikan kondusif," tutur Nurdin di sela-sela makan siang bersama.

Baca juga: Wiranto: Papua Sudah Aman Terkendali, Masyarakat Jangan Terprovokasi! 

(Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang mendampingi Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan warga Papua tidak perlu takut karena semuanya sudah ditangani pihak berwenang.

"Hilangkan ketakutan itu. Kita semua bersaudara. Mari kita junjung rasa saling menghormati dan saling menjaga. Tidak ada lagi kekerasan dan intimidasi. Ada aparat dan camat serta lurah setempat yang akan mengontrol keadaan," kata Iqbal.

Baca juga: DPR Anggap Pemerintah Tak Serius Tangani Konflik di Papua 

Saat ini Asrama Mahasiswa Papua masih dikelilingi aparat yang berjaga-jaga, namun kondisi di sekitarnya sudah mulai berjalan aman dan arus lalu lintas kendaraan juga telah seperti semula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini