nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Papua Senang Tinggal di Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 16:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 609 2094859 mahasiswa-papua-senang-tinggal-di-makassar-rdp2jDbUY0.jpg Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani (foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Situasi pasca-keributan antara penghuni asrama mahasiswa Papua dengan warga sekitar jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, Sulsel, Senin 19 Agustus 2019 malam lalu, sudah aman dan kondusif.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan Kepolisian Polda Sulsel memastikan kondisi kota Makassar saat ini jauh lebih aman dan menyebut warga Papua yang ada di Sulawesi Selatan dijamin aman.

"Adik-adik mahasiswa Papua sudah ditemui juga oleh bapak Kapolda, Irjen Pol Hamidin dan mereka sudah merasa tentram. Saya yakin, mereka ini sangat senang tinggal di kota Makassar," kata Dicky saat ditemui di Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (21/8/2019).

Menurut Dicky, mahasiswa Papua yang tinggal di Makassar untuk menuntut ilmu. Mereka sudah ada yang datang dan menetap lama di Makassar. "Mereka selama ini tidak pernah berbuat yang merugikan warga sekitar," sebut Dicky usai bertemu warga Papua di dalam asramanya.

Warga Papua di Makassar (Foto: Herman/Okezone)

Bahkan menurut Dicky, selama di Kota Makassar mereka tidak pernah mendapatkan perlakuan seperti diskriminasi dari warga sekitar. Termasuk teman-teman di kampus dan dari dosen-dosen.

"Semuanya welcome atau menyambut dengan baik. Meski suasana mulai aman dan kondusif kita tetap memberikan pengamanan di Asrama Papua," ungkap Dicky.

Hal itu, kata Dicky untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekitar asrama Papua. Serta pengamanan ini diberikan kepada warga Papua yang di Makassar hingga situasi betul-betul aman dan kondusif.

"Pengamanan tetap dilakukan untuk mengantisipasi karena memang situasi sekarang sudah kondusif, tapi kita tetap waspada, karena jangan sampai ada orang yang memprovokasi dan ini rawan," jelas Dicky.

Baca Juga: Polri Imbau Masyarakat Papua dan Papua Barat Tak Termakan Hoaks

Sebelumnya, Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin melihat kondisi Asrama Mahasisiwa Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar pasca bentrok pada malam itu.

Bentrok antar warga dan penghuni asrama Papua terjadi, Senin 19 Agustus 2019 malam. "Setelah magrib ada jeda waktu kita harus salat, itu terjadi. InshAllah ke depan kita akan antisipasi dan akan lakukan patroli skala menengah," kata Hamidin saat ditemui di Asrama Papua di Makassar.

Hamidin mengaku akan menurunkan semua kekuatan personilnya untuk menjaga keamanan di Makssar dan kabupaten lainnya yang ada di Sulsel.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini