nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hakim Meksiko Izinkan 2 Orang Gunakan Kokain untuk Rekreasi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 18 2095229 hakim-meksiko-izinkan-2-orang-gunakan-kokain-untuk-rekreasi-PZOwlYAAGJ.jpg Ilustrasi Foto/Shutter Stock

MEXICO CITY - Seorang hakim di Meksiko memberi izin kepada dua orang untuk menggunakan kokain sebagai sarana rekreasi.

Mengutip BBC News, Kamis (22/8/2019) Badan Kriminal Meksiko (MUCD) pengadilan telah memutuskan memberikan izin dua orang untuk menggunakan kokain tapi dilarang untuk menjual.

MUCD terus berupaya mengakhiri perang melawan narkoba di negara itu, menyebut keputusan tersebut sebagai langkah bersejarah.

Keputusan harus ditinjau oleh pengadilan yang lebih tinggi sebelum ditegakkan.

MUCD mengatakan pengadilan Kota Meksiko memerintahkan otoritas kesehatan negara itu, Cofepris, untuk mengizinkan penggunaan kokain oleh dua penggugat.

Baca juga: Perang Kartel Narkoba, Polisi Meksiko Temukan 9 Mayat Digantung dan 7 Dimutilasi

Baca juga: Lirik Berisi Tidak Takut Mati, Vokalis Band Tewas Diberondong Peluru Kartel Narkoba

Seorang pejabat Cofepris mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka telah mengambil langkah-langkah untuk membatalkan perintah pengadilan, yang dijatuhkan pada bulan Mei. Pejabat itu mengatakan bahwa otorisasi tersebut berada di luar kewenangan hukumnya.

Putusan penggunakan kokai bisa berlaku jika majelis hakim berpihak pada keputusan semula. Jika mereka menyetujui putusan itu, dua orang yang meminta penggunaaan kokain bisa membawa kasus itu ke pengadilan, dan identitas mereka dirahasiakan.

Meksiko telah lama berjuang memerangi kartel narkoba, yang membuat ribuan orang tewas tiap tahunnya.

Pada 2018, jumlah pembunuhan terkait narkoba di Meksiko naik menjadi 33.341, menurut Dewan Hubungan Luar Negeri. Angka-angka itu meningkat 15% dari tahun sebelumnya.

Mahkamah Agung Meksiko telah mengizinkan penggunaan ganja untuk rekreasi dalam kasus-kasus individual.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, yang menjabat pada bulan Desember, telah menjanjikan perubahan "radikal" untuk menangani narkoba. Dia telah mengusulkan dekriminalisasi obat-obatan terlarang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini