nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Titanic Terekam Kamera untuk Pertama Kalinya dalam 14 Tahun

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 15:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 18 2095715 titanic-terekam-kamera-untuk-pertama-kalinya-dalam-14-tahun-PdIvMAIelI.jpg Foto: BBC.

NEWFOUNDLAND – Untuk pertama kalinya dalam 14 tahun, foto dan video yang diambil dengan kamera khusus berkekuatan tinggi berhasil memperlihatkan bangkai kapal pesiar terkenal Titanic di kedalaman Samudera Atlantik, 400 kilometer lepas pantai Newfoundland, Kanada.

Penyelaman yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Investor Ekuitas, Victor Vescovo mengungkap kondisi bangkai Titanic yang semakin memburuk. Bangkai kapal yang dulu disebut tidak bisa tenggelam itu rusak parah karena paparan erosi akibat garam, bakteri pemakan logam dan arus laut yang kuat.

“(Bangkai) itu besar. Ini adalah kapal karam yang besar. Saya belum sepenuhnya siap untuk melihat seberapa besar itu. Dan ketika itu muncul di sonar, (bangkai) itu benar-benar menonjol," kata Vescovo.

Video: EYOSExpedition/YouTube.

Tim penjelajahan Kapal Selam Triton yang diawaki Vescovo melakukan lima kali penyelaman ke tempat peristirahatan Titanic dan merekam bangkai kapal itu dalam gambar 4K untuk pertama kalinya. Mereka menyurvei lokasi menggunakan fotogrametri untuk menilai kondisinya, dan untuk memungkinkan membuat mereka ulang dalam bentuk 3D di masa depan dan visualisasi realitas virtual kapal tersebut.

Gambar-gambar itu juga dapat membantu para ilmuwan memprediksi bagaimana kondisi bangkai kapal itu akan terus memburuk. Tetapi, meskipun sudah rusak, para peneliti mengatakan puing-puing kapal itu masih tetap mengesankan.

“Ada mikroba di bangkai kapal yang menggerogoti besi bangkai kapal itu sendiri, menciptakan struktur 'rusticle', yang merupakan bentuk logam yang jauh lebih lemah,” kata peneliti ekspedisi Claire Fitzsimmons kepada BBC. Struktur ‘rusticle’ itu akan terus hancur hingga akhirnya menjadi bubuk yang terbawa arus laut.

Perkiraan sebelumnya menemukan bahwa bangkai Titanic dapat menghilang pada 2030-an dan para ilmuwan sekarang mempelajari bagaimana berbagai jenis logam terkikis untuk menentukan berapa lama waktu yang tersisa.

Meskipun Titanic dikonsumsi oleh laut, pada gilirannya puing-puing kapal itu menyediakan tempat berlindung bagi beragam makhluk laut.

Kapal penumpang Titanic yang ikonik tenggelam setelah menabrak gunung es dan terbelah pada 1912. Bangkainya terletak di dua bagian di kedalaman 3.810 meter jauh di perairan lepas pantai Newfoundland, Kanada.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini