nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turki Ingin Kerja Sama Industri Pertahanan dengan Rusia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 15:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 29 18 2098147 turki-ingin-kerja-sama-industri-pertahanan-dengan-rusia-RAnmeo10hF.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan). (Foto/Reuters)

MOSKOW - Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia, termasuk pesawat tempur, setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Erdogan mengatakan hal tersebut setelah mengunjungi pertunjukan udara di Rusia, di mana jet tempur siluman Sukhoi Su-57 milik melakukan demonstrasi.

"Kami mengambil langkah-langkah positif di sektor industri pertahanan dengan pengiriman sistem S-400 dimulai," kata Erdogan pada konferensi pers bersama Putin mengutip Reuters, Kamis (29/8/2019).

"Kami membahas langkah-langkah apa yang dapat kami ambil di berbagai bidang dalam industri pertahanan dan apa yang dapat kami lakukan," tambahnya.

Foto/Reuters

Sedangkan Putin mengatakan dia dan Erdogan membahas kerja sama pembelian jet Su-35 Rusia dan kemungkinan kerja sama pada Su-57 yang baru.

"Menurut pendapat saya, banyak yang menarik dari mitra Turki kami, tidak hanya dari sudut pandang pembelian tetapi juga dari produksi bersama," kata Putin pada briefing bersama.

Rencana Turki membeli pesawat Su-35 setelah Amerika Serikat pada bulan lalu menghapus Turki dari program pembuatan jet F-35. Sebagai tanggapan, Erdogan mengatakan Turki akan beralih ke negara untuk membeli jet.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini