Banyak Wajah Baru di DPR 2019-2024, Amanat Rakyat Jangan Diabaikan!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 02 September 2019 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 02 606 2099401 banyak-wajah-baru-di-dpr-2019-2024-amanat-rakyat-jangan-diabaikan-DgAP7l8uRA.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 575 calon legislatif terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024. Dari jumlah itu terdapat sejumlah wajah baru dan merupakan generasi milenial atau berusia kurang dari 30 tahun.

Pendiri dan CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meminta agar para anggota DPR RI terpilih khususnya yang baru untuk kritis dalam menyuarakan hak rakyat terhadap pemerintah.

"Sebab senjata mereka adalah kata-kata, dari namanya saja, parlemen, itu artinya ngomong, saya ga habis pikir kalau kemudian anggota DPR yang dilantik tidak bisa bersuara dan berkata-kata membela dan membawa agenda rakyat," kata Pangi kepada Okezone, Senin (2/9/2019).

Jangan sampai kata dia, para anggota yang terpilih justru menjadi tukang stempel pemerintah, namun harus bisa menjadi legislatif yang mampu mengontrol dan mengimbangi kerja pemerintah.

Ilustrasi

"Sehingga fungsi check and balance, sehingga terjadi saling koreksi antara satu lembaga dengan lembaga lain, pemerintah dengan legislatif, dalam pelembagaan sistem politik ini sangat sehat dan bagus untuk peningkatan kualitas demokrasi kita," paparnya.

Sebab tambah Pangi, masyarakat tentu banyak menaruh harapan terhadap anggota DPR terpilih. Untuk itu penting bagi mereka untuk memastikan bahwa rakyat tidak salah dalam memilih.

"Banyak harapan dan ekspektasi rakyat terlalu tinggi untuk mereka agar bisa menjaga amanat rakyat, menjadi penyambung lidah rakyat, mampu mengagregasi dan mengartikulasikan apa yang menjadi kehendak dan agenda rakyat," tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini