nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 100 Meter

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 15:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 04 525 2100575 gunung-tangkuban-parahu-erupsi-semburkan-kolom-abu-setinggi-100-meter-l7q2hlDkmW.jpg Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat (Koran Sindo)

JAKARTA – Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat kembali erupsi, Rabu (4/9/2019). Erupsi yang terjadi pukul 07.24 WIB pagi tadi, menyemburkan kolom abu setinggi sekira 100 meter dari dasar kawah.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ± 58 detik,” informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan tertulis.

Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status Level II atau Waspada.Ilustrasi

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pengunjung atau wisatawan diminta tidak mendekati kawah yang ada di puncak Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.

“Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas,” sebut PVMBG.

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Tangkuban Parahu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini