nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Gunung Tangkuban Parahu Turun dari Waspada Jadi Normal

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 525 2119587 status-gunung-tangkuban-parahu-turun-dari-waspada-jadi-normal-MaZmZVMW7K.jpg Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu (foto: bandungtourism/ist)

BANDUNG - PVMBG turunkan status Gunung Tangkuban Parahu yang sebelumnya di Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal). Penurunan ini pun sekaligus membuka kembali objek wisata itu yang sejak Juli 2019 ditutup.

"Dengan rekomendasi tidak ada aktivitas di bibir kawah dan masuk di kawah aktif," ucap Kepala PVMBG, Kasbani saat memberikan keterangan pers di kantor PVMBG, Senin (21/10/2019).

Baca Juga: Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 100 Meter 

Penurunan tersebut berdasarkan data pemantauan visual diketahui tidak terjadi erupsi, tidak terdapat emisi abu dan hembusan gas relatif stabil dan rendah. Sedangkan dari sisi instrumen seismik, getaran dan deformasi kembang kempisnya gunung menurun dan stabil.

Gunung Tangkuban Parahu (foto: Ist) 

Dia menambahkan, tidak ditemukan data indikasi akan terjadi inflasi pengembungan. Kemudian gas vulkanik yang keluar disekitar bibir kawah relatif kondisinya dibawah ambang batas dan cenderung menurun.

"Gunung sudah normal dan aman. Terpantau bagus dengan sangat baik," katanya.

Sejak 1 Oktober hingga Minggu 20 Oktober 2019 kemarin energi vulkanologi menurun dan stabil serta terjadi deflasi atau pengempisan dari gunung. Artinya, menurutnya tidak terdapat desakan magma dari bawah gunung.

Baca Juga: Masih Erupsi, Masyarakat Diminta Tak Dekati Kawah Tangkuban Parahu 

Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pada 26 Juli lalu. Kemudian erupsi kembali terjadi pada 2 Agustus sehingga PVMBG menaikkan status vulkanologi dari level normal ke level waspada. Aktivitas wisata pun ditutup saat itu hingga waktu yang belum ditentukan.

"Masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan pemda dan mendapatkan informasi PVMBG," katanya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini