nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Kasih Informasi Salah soal Badai Dorian

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 12:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 05 18 2100960 trump-kasih-informasi-salah-soal-badai-dorian-EiAVgGBcXC.jpg Presiden AS Donald Trump memperlihatkan prediksi jalur badai Dorian yang akan menerjang AS. (Foto/AFP)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump salah memberikan informasi mengenai lintasan badai Dorian.

Hal itu terjadi saat dia melakukan konferensi pers di kantornya Rabu (4/9). Trump menampilkan peta dari National Hurricane Center (NHC) yang menunjukkan prediksi jalur badai Dorian.

Ketika dia mengangkat papan poster untuk memberikan pandangan yang lebih baik kepada para jurnalis, terlihat jelas bahwa peta telah diedit.

Baca juga: Sedikitnya Lima Tewas Akibat Amukan Badai Dorian di Bahama

Baca juga: Porak-Porandakan Bahama, Badai Monster Dorian Bergerak Menuju AS

Jalur badai Dorian telah ditambahkan dengan spidol hitam yang menginformasikan bahwa Alabama termasuk negara bagian yang terkena dampak badai Dorian.

Foto/AFP

Saat ditanya beberapa jam kemudian soal penambahan tersebut mengejutkan, Trump menjawab, "Saya tidak tahu. Saya tidak tahu," sambil terus mempertahankan bahwa ramalan cuaca memperkirakan badai Doiran akan menghantam AS bagian selatan.

Trump telah salah men-tweet pada Minggu bahwa Alabama adalah di antara negara-negara bagian—serta Florida, Georgia dan Carolina—yang akan terdampak badai Dorian.

Tidak lama kemudian, kantor Layanan Cuaca Nasional (NWS) di Birmingham, Alabama merespons sebaliknya, meskipun tidak secara eksplisit menyebut tweet Trump.

"Alabama TIDAK akan terkena dampak dari #Dorian," tulisnya.

"Kami ulangi, tidak ada dampak akibat badai Dorian di seluruh Alabama. Badai akan menuju ke timur."

Badai Dorian yang telah menghantam Bahama dikategorikan sebagai badai kategori lima tetapi sejak saat itu telah melemah ke kategori empat.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) menyebutkan bahwa Dorian membawa angin dengan kecepatan maksimum 240 km / jam.

Foto/Reuters

Badai ini merupakan yang terkuat yang pernah menghantam Bahama sejak pencatatan dimulai.

Sedikitnya lima orang tewas di Bahama saat Badai Dorian menerjang negara kepulauan itu.

Keterangan dari Palang Merah Internasional yang dilansir BBC, memperkirakan 13.000 rumah warga Bahama dikhawatirkan rusak atau hancur akibat terjangan badai.

Foto-foto juga memperlihatkan genangan banjir, mobil terbalik dan pohon-pohon yang patah.

1
2

Berita Terkait

Amerika Serikat

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini