nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Israel Desak Internasional Tak Dialog dengan Iran

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 15:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 05 18 2101035 pm-israel-desak-internasional-tak-dialog-dengan-iran-yNf1syrD6e.jpg Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto/Reuters)

LOD - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mendesak internasional untuk tidak membuka dialog dengan Iran

Pernyataannya disampaikan setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia mungkin akan bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani untuk menyelesaikan krisis program nuklir Teheran dan sanksi terhadap Iran.

“Ini bukan waktunya untuk melakukan pembicaraan dengan Iran. Ini waktunya meningkatkan tekanan terhadap Iran,” kata Netanyahu mengutip Reuters, Kamis (5/9/2019).

Foto/Reuters

Netanyahu sebelumnya juga telah menayrankan Prancis untuk tidak berdialog dengan Iran.

Trump memberi isyarat soal kemungkinan pertemuan dengan Presiden Iran di sidang Majelis Umum PBB mendatang di New York.

Baca juga: Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi ke Badan Antariksa Iran

Baca juga: Iran Bersedia Negosiasi dengan Amerika Serikat tapi Bukan untuk Menyerah

Ketika ditanya apakah pertemuan dengan Hassan Rouhani memungkinkan, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa segala sesuatu mungkin saja terjadi.

"Mereka ingin menyelesaikan masalah mereka. Mereka punya masalah besar. Kita bisa menyelesaikannya dalam 24 jam," kata dia.

Foto/Reuters

Iran menolak kemungkinan perundingan antara Teheran dan Washington, mengatakan bahwa pembicaraan hanya akan dilanjutkan jika AS mencabut sanksi dan kembali ke perjanjian nuklir 2015, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPoA).

“Pertama, AS mesti mencabut sanksi, tidak adil dan tidak jujur yang dijatuhkan atas Iran," kata Presiden Iran Hassan Rouhani mengutip Reuters.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini