nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Kian Pekat, Pemprov Sumsel Berencana Mundurkan Jam Sekolah

Melly Puspita, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 610 2101368 kabut-asap-kian-pekat-pemprov-sumsel-berencana-mundurkan-jam-sekolah-9LQx0CmeOh.jpg (Foto: Melly Puspita/Okezone)

PALEMBANG - Kabut asap yang melanda Kota Palembang dan sekitarnya membuat resah masyarakat. Bahkan orang tua pelajar khawatir kabut asap bisa berdampak bagi kesehatan anak-anak mereka.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pendidikan berencana memundurkan jam masuk sekolah jika sudah mendapat informasi dari Dinas Kesehatan.

"Setelah mendapat informasi resmi dari Dinas Kesehatan tentang tingkat kepekatan asap yang membahayakan kesehatan anak-anak, maka Dinas Kesehatan akan segera menerbitkan edaran ke sekolah," ucap Widodo, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel.

Langkah tersebut diambil supaya proses belajar mengajar tetap efisien. Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin sekolah diliburkan jika kabut asap sudah sangat pekat dan berbahaya bagi kesehatan.

"Kalau asap tersebut terdeteksi membahayakan sepanjang hari sangat mungkin siswa dapat belajar di rumah dengan memanfaatkan kelas maya. Aktifitas belajar mengajar harus tetap jalan," kata Widodo lagi.

Kabut asap di Palembang.

Mengenai surat edaran, Dinas Pendidikan Sumsel akan berkoordinasi ke Dinas Kesehatan. Untuk saat ini dari Dinas Kesehatan sendiri masih memantau tingkat kepekatan kabut asap yang terjadi di Wilayah Sumatera Selatan.

"Kondisi ini sama seperti 2015 lalu, yang mana kabut asap berpotensi membahayakan terutama memicu ISPA. Jadi untuk mengantisipasi itu bisa belajar melalui kelas maya," ujar Widodo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini