nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Kampanye Justin Trudeau Ditabrak Bus Media di Bandara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 11:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 18 2104313 pesawat-kampanye-justin-trudeau-ditabrak-bus-media-di-bandara-K3kCPjZomk.jpg Foto: Canada Press.

VICTORIA – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau memulai kampanye pemilihan umumnya dengan insiden yang kurang menyenangkan setelah pesawat yang seharusnya dia tumpangi ditabrak oleh bus yang membawa rombongan jurnalis pada Rabu malam.

Foto-foto yang beredar di internet menunjukkan sayap pesawat sewaan itu mengalami kerusakan ringan setelah terserempet atap bus di sebuah bandara di Victoria, British Columbia.

BACA JUGA: Akui Langgar Aturan Etik, PM Kanada Justin Trudeau Tolak Minta Maaf

Pada hari itu, Trudeau telah meluncurkan kampanye pemilihan federal yang akan berlangsung selama 40 hari. Dia menerbangkan pesawat kampanye yang memajang logo kampanyenya melintasi Kanada ke pantai barat, tempat di mana kecelakaan itu terjadi.

BBC mewartakan bahwa Trudeau sedang tidak berada di dalam pesawat saat insiden itu berlangsung.

Seorang juru bicara partai Liberal mengatakan bahwa penilaian sedang dilakukan untuk mengetahui seberapa parah kerusakan yang terjadi. Namun, dia menambahkan bahwa tidak ada perubahan jadwal dan kampanye akan terus berlangsung seperti yang direncanakan.

BACA JUGA: Tak Percaya Cara Pemerintah Atasi Skandal Suap, Menteri Keuangan Kanada Berhenti

Trudeau, yang memimpin Partai Liberal Kanada akan terbang dengan pesawat terpisah ke provinsi tetangga Alberta untuk berkampanye pada Kamis sore.

Pesawat yang mengalami insiden itu adalah sebuah Boeing 737-800, dengan kapasitas 189 kursi dan rentang sayap 34,3m. Pesawat itu disewa dari maskapai penerbangan Transat yang berbasis di Montreal.

Partai Liberal mengatakan pihaknya membeli penyeimbang karbon untuk emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh penerbangan sang perdana menteri.

Wartawan Robert Fife mengatakan di Twitter bahwa ini bukan pertama kalinya pesawat kampanye mengalami kecelakaan di Kanada. Hal serupa ternyata terjadi juga pada ayah Trudeau, mantan Perdana Menteri Pierre Elliott Trudeau, 39 tahun yang lalu.

Trudeau sedang berusaha kembali menjabat untuk masa bakti kedua setelah memenangi posisi mayoritas dalam pemilihan umum Kanada 2015. Pemilihan umum Kanada 2019 akan digelar pada 21 Oktober.

Baik Partai Liberal dan Konservatif memiliki pesawat kampanye dengan nama pemimpin mereka masing-masing: Trudeau dan Andrew Scheer, terpampang di badan pesawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini