nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika 30 Anggota DPRD Kota Sorong Dilantik di Tengah Puing Gedung Imbas Kerusuhan

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 16:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 340 2105980 ketika-30-anggota-dprd-kota-sorong-dilantik-di-tengah-puing-gedung-imbas-kerusuhan-2CCUa9gisn.jpg Pelantikan Anggota DPRD Sorong (Foto: Ist)

SORONG - Sebanyak 30 Anggota DPRD Kota Sorong periode 2019-2024 secara resmi dilantik dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD kota Sorong, oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Sorong, Masduki, S.H, M.H, dalam rapat paripurna di ruang sidang utama Kantor DPRD Kota Sorong, Selasa (17/9/2019).

Walaupun kondisi kantor DPRD Kota Sorong Pasca kerusuhan lalu yang sempat dibakar oleh massa, namun acara pelantikan 30 Anggota DPRD terpilih Berlangsung sesuai jadwal dan dilakukan di dalam ruangan sidang Dewan.

Pelantikan 30 anggota DPRD Kota Sorong itu ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Sorong dalam rangka pemberhentian dan pengangkatan serta pengucapan sumpah janji anggota DPRD kota Sorong masa jabatan 2019-2024.

Baca Juga: Demo di Manokwari Rusuh, Massa Bakar Kantor DPRD Papua Barat

Usai melantik, Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Sorong, menyematkan Pin sekaligus menyerahkan SK gubernur Papua Barat kepada perwakilan anggota dewan masa jabatan 2019-2024.

Lewat prosesi pelantikan itu juga, secara langsung diumumkan ketua sementara DPRD kota Sorong yang dibacakan oleh Plt. Sekwan, Sarah Konjol, dan sekaligus menyerahkan memori kerja pimpinan DPRD kota Sorong masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan sementra DPRD kota Sorong masa jabatan 2019-2024.

"Pelantikan yang dilakukan terhadap 30 Anggota Legislatif ini merupakan awal dalam melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat," jelas Wali Kota Sorong, Drs Lamberth Jitmau, MM, melalui sambutan gubernur Papua Barat

“Untuk itu saya berharap agar saudara-saudara dapat bekerjasama dengan kepala daerah dan stakholder lainnya untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya lagi.

Anggota DPRD Kota Sorong adalah milik seluruh lapisan masyarakat kota Sorong. Perbedaan, pertentangan, dan permasalahan terjadi dalam pelaksanaan pemilu yang lalu, hendaknya lebur alam satu cita-cita yaitu sesegera mungkin mewujudkan kebersamaan di kota Sorong.

Dalam sambutannya, gubernur Papua Barat mengimbau kepada pemerintah daerah Kota Sorong bersama segenap komponen masyarakat, agar dapat mendukung sepenuhnya anghota DPRD yang baru dilantik dalam menjalankan tugasnya sesuai visi dan misi dan janji yang disampaikan saat kampanye.

Menururnya, hal tersebut dianggap penting karena kompetisi demokrasi yang lalunjangan pernah diartikan sebagai jurang pemisah antara satu elemen atau kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakatlainny, namun justru harus dijadikan wadah untuk semakin mendewasakan seluruh pemangku kepentingan dalam berpolitik.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sorong sementara, Erwin Ayal, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat, yang telah berpartisipasi dalam mengsukseskan Pemilu 2019.

Terutama, pemerintah kota Sorong, Penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu, TNI dan Polri beserta segenap masyarakat kota Sorong.

Dalam sambutannya juga, secara khusus disampaika terimakasih kepada anggota DPRD kota Sorong periode 2014-2019 yang telah selesai melaksanakan tugasnya selama 5 tahun memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dalam pelaksanaan pelantikan ini, Jajaran Polres Sorong kota mengerahkan aparat gabungan dari Polres Sorong kota dan BKO Brimob Satgas Nusantara untuk mengamankan proses pelaksanaan pelantikan anggota DPR terpilih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini