6 Titik Panas Terpantau di Wilayah Sumatera Utara

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 19 September 2019 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 19 608 2106599 6-titik-panas-terpantau-di-wilayah-sumatera-utara-ajZSZBezcQ.jpg Illustrasi kebakaran hutan (foto: istimewa)

MEDAN - Sebanyak enam titik panas berhasil terpantau di wilayah Sumatera Utara. Titik panas tersebut tersebar di Kabupaten Asahan, Humbang Hasundutan, Padang Lawas Utara dan Kabupaten Labuhan Batu.

"Enam titik panas itu berhasil kita pantauan lewat satelit Terra dan Aqua. Titik panas yang terpantau dengan tingkat kepercayaan di atas 50%," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I-Medan, Edison Kurniawan, Rabu (18/9/2019).

 Baca juga: Kebakaran Hutan Ganggu Jadwal Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang

Edison menyebutkan, enam titik api yang terpantau itu, disinyalir menjadi penyebab timbulnya kabut asap di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, termasuk di Kota Medan.

"Peran kebakaran hutan di Riau ada, tapi tidak signifikan. Justru kabut asap yang terjadi akibat titik panas yang ada di empat daerah itu,"sebutnya.

 Baca juga: Heboh Ajakan Pancing Hujan dengan Baskom Air Garam, Ini Penjelasan BMKG

Edison menuturkan, bahwa dari pengamatan saat ini kelembaban udara masih cukup tinggi (RH 80%) dan suhu berkisar 27°Celcius yang mengindikasikan adanya kabut bertahan pada pagi hingga siang hari karena hujan terjadi pada malam hingga dini hari.

"Ya kita mengimbau karena adanya kiriman asap dari Riau melalui arah angin walaupun belum begitu signifikan, agar masyarakat kiranya tetap menjaga kesehatan seperti menggunakan masker terutama pada saat berkendara," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini