nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Makin Pekat Selimuti Mandailing Natal

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 22:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 22 340 2107967 kabut-asap-makin-pekat-selimuti-mandailing-natal-K1ERhCwVld.jpg Kabut asap kian pekat selimuti Mandailing Natal (Foto: Okezone.com/Liansah)

MANDAILING NATAL - Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Jambi nampak menyelimuti Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, jarak pandang pun kian terbatas.

Pada Minggu (22/9/2019) petang, jarak pandang diperkirakan hanya 20 sampai dengan 30 meter saja. Situasi itu merata terjadi di seluruh Mandailing Natal terutama di Panyabungan.

"Sejak musim kabut asap ini, dua minggu belakangan, hari ini rasanya yang paling buruk dan sangat tebal asapnya, bahkan cuaca bagaikan mendung dibuat kabut asap ini" kata Marlina Hasibuan, salah seorang pengendara mobil, di Jalan Willem Iskandar Panyabungan Kota, kepada Okezone.

Ilustasi kabut asap di Sumatera

Kendati kabut asap kian tebal, sudah semakin banyak yang terlihat menggunakan masker. Sebagian warga juga tampak bersepeda di sejumlah ruas jalan.

Baca Juga : Polisi Tangkap Petani Pembakar Hutan di Kalsel

"Saya takut kena infeksi saluran pernafasan, dan saya takut batuk saya semakin parah karena asap ini" timpal Riska Amelia Nasution (28), warga Desa Gunung Tua Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan Kota Madina.

Kabut asap kiriman mulai melanda Mandailing Natal dalam dua pekan terakhir. Biasanya, hanya sebentar saja dirasakan, kabut asap langsung menghilang karena hujan yang turun, tapi beberapa hari ini hujan tidak kunjung turun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini