nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahas Kabut Asap, Mahathir Samakan Kebakaran Hutan Indonesia dengan di Brasil

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 09:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 18 2109489 bahas-kabut-asap-mahathir-samakan-kebakaran-hutan-indonesia-dengan-di-brasil-RoIlWxCy8G.jpg Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad berbicara di Columbia University, 25 September 2019. (Foto: Twitter)

NEW YORK – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad mengkritik sistem internasional yang dia anggap gagal memaksa Indonesia menangani kebakaran hutan yang mengakibatkan bencana kabut asap di sebagian wilayah Asia Tenggara. Mahathir menyamakan kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia saat ini dengan kebakaran hutan Amazon di Brasil.

“Seperti yang Anda tahu, presiden baru Brasil percaya pada pembakaran hutan untuk aktivitas pertanian dan tidak ada yang menghentikannya. Jadi saya pikir sistem (internasional) saat ini tidak mengizinkan campur tangan dari negara lain,” kata Mahathir saat berbicara dalam sesi dialog World Leaders Forum di Columbia University pada Rabu.

BACA JUGA: Asap Kebakaran Hutan Indonesia Nyebrang ke Malaysia, Mahathir Akan Surati Jokowi

“… anda boleh salahkan Indonesia, anda boleh mengkritik mereka, tetapi mereka akan terus melakukan pembakaran mereka,” lanjutnya sebagaimana dilansir Bernama, Kamis (26/9/2019).

Mahathir mengatakan bahwa akan ada saat di mana masalah kabut asap akan menjadi sebegitu parah hingga menyelimuti seluruh dunia, dan hal itu seharusnya memberikan hak bagi dunia internasional untuk bertindak.

"Pada saat itu saya pikir Perserikatan Bangsa-Bangsa mungkin mengatakan, ini bukan masalah nasional, ini bukan urusan dalam negeri (lagi), ini adalah masalah bagi dunia (untuk diatasi) dan bahwa dunia harus menjalankan hak untuk mengambil tindakan.

"Jika kita memiliki kerangka berpikir itu, maka kita dapat melakukan sesuatu ketika seseorang menolak menerima bantuan untuk memadamkan api, misalnya," kata Mahathir.

BACA JUGA: Mahathir Tidak Tahu Alasan Jokowi Tolak Bantuan Malaysia untuk Atasi Kebakaran Hutan

Dia mengatakan bahwa pada saat ini “PBB tidak dapat berbuat apa-apa, tetapi kita bisa mencoba membujuk”.

Mahathir menambahkan bahwa dia mengerti bahwa warga Indonesia juga menderita karena kabut asap yang terjadi, dan mungkin kondisi itu akan membawa pada penanganan yang lebih tegas untuk mencegah kebakaran hutan di Indonesia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini