nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orangutan Ini Pindah ke AS Usai Dapat Hak-Hak Hukum seperti Manusia

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 28 18 2110427 orangutan-ini-pindah-ke-as-usai-dapat-hak-hak-hukum-seperti-manusia-PtKgfAFGTd.jpg Orangutan bernama Sandra saat di kebun binatang Buenos Aires, Argentina (Reuters)

SEEKOR orangutan yang hidup selama 20 tahun di sebuah kebun binatang di Argentina kini dipindahkan ke suaka margasatwa di Amerika Serikat setelah mendapat hak-hak hukum seperti manusia.

Sandra, nama hewan berusia 33 tahun itu, tiba di Kansas pada Jumat 27 September 2019 dan akan menjalani tes sebelum bertolak ke rumah barunya di Florida.

Ini adalah fase terbaru kehidupannya, lima tahun setelah pengadilan di Argentina memberikannya hak-hak yang sama dengan manusia. Putusan ini menjadikannya "individu pertama bukan manusia yang punya hak kebebasan".

Elena Liberatori—hakim yang menjatuhkan putusan tersebut—mengatakan kepada kantor berita AP bahwa dia menginginkan putusan itu memberi pesan: "Bahwasannya hewan adalah makhluk yang punya perasaan dan hak pertama yang mereka punya adalah kewajiban kita menghormatinya."

Sandra dilahirkan di Rostock, (saat itu Jerman Timur) pada 1986. Dia kemudian dijual ke Buenos Aires pada 1995.

Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya sendirian di kandang dan berupaya menghindari publik.

Pada 1999 dia melahirkan seekor bayi, namun bayi itu diambil dan dijual ke kebun binatang di China.

Pada 2014 dia dinyatakan sebagai makhluk yang punya hak setelah sejumlah pengacara melancarkan tuntutan terkait kondisi hidupnya di kebun binatang.

Kemenangannya di pengadilan membuahkan preseden bagi kera untuk dianggap sebagai manusia dari perspektif hukum alih-alih properti.

Pernah jadi peliharaan Michael Jackson

Sampai pekan ini, Sandra masih berada di kebun binatang yang telah ditutup untuk pengunjung sejak 2016 menyusul laporan atas tuduhan kekejian terhadap hewan.

Kebun binatang tersebut sedang dibangun kembali sebagai "eco-park" dengan meningkatkan standar hidup bagi hewan-hewan.

Dari Buenos Aires, Sandra akan berpindah ke Pusat Kera-Kera Besar di Florida, sebagaimana disetujui pengadilan Argentina. Putusan itu sejatinya dirilis pada 2017, namun kepindahannya tertunda oleh pengajuan izin di AS.

Rumah baru Sandra, yang mencakup lahan seluas 40 hektare, merupakan rumah bagi para simpanse dan orang utan yang dibebaskan dari sirkus, laboratorium, kebun binatang, dan koleksi pribadi.

Simpanse yang pernah menjadi peliharaan Michael Jackson, Bubbles, ada di antara hewan-hewan itu.

Sandra akan bergabung dengan 21 orangutan lainnya dan akan bebas bergerak di antara 11 area luar ruang di tempat tersebut.

"Kami sangat ingin menemuinya, dia adalah orangutan yang manis," kata Patti Ragan, pendiri tempat itu.

Berbicara kepada BBC, Ragan mengaku dirinya bahagia karena kisah Sandra memunculkan perhatian publik kepada orang utan, salah satu hewan terancam punah di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini