Berikan Pujian pada Hitler, Pimpinan DPR Mesir Dihujani Kecaman

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 04 Oktober 2019 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 18 2112966 berikan-pujian-pada-hitler-pimpinan-dpr-mesir-dihujani-kecaman-kjotFL9tyJ.jpg Ali Abdel Aal. (Foto: Getty)

KAIRO - Pimpinan parlemen Mesir menuai kecaman dari warganet setelah memberikan pujian kepada Pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler atas proyek infrastrukturnya. Komentar itu disampaikan Ali Abdel Aal saat membela rencana pembangunan Presiden Abdel Fattaj al-Sisi.

"Hitler memiliki kesalahan, tetapi yang memungkinkannya untuk melakukan ekspansi ke timur dan barat adalah bahwa ia menciptakan infrastruktur yang kuat," kata Abdel Aal sebagaimana dilansir BBC. Abdel Aal mengatakan bahwa kata-katanya diambil "di luar konteks".

Ratusan orang telah ditahan dalam beberapa pekan terakhir karena memprotes dugaan korupsi pemerintah dan militer di Mesir terkait dengan membangun proyek. Negara Afrika utara itu telah menerapkan kebijakan penghematan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir dan lebih dari 30% populasinya hidup dalam kemiskinan.

Pimpinan itu dilaporkan meminta anggota parlemen untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk mendukung upaya presiden untuk "membangun negara Mesir modern". Dalam pidatonya itulah dia memuji "infrastruktur yang telah dibangun Jerman, yang merupakan model bagi seluruh dunia".

"Membangun negara di masa transisi membutuhkan tindakan keras ... karena pada saat inilah institusi dibangun dan infrastruktur diletakkan," kata Abdel Aal.

Pernyataan tersebut dilaporkan oleh outlet media pro-pemerintah.

Adolf Hitler memimpin Nazi Jerman antara 1933 dan 1945, mengatur pembunuhan sistematis sebanyak 11 juta orang, enam juta di antaranya terbunuh karena mereka adalah orang Yahudi.

Pihak oposisi dengan cepat mengutuk komentar Abdel Aal itu secara daring, dengan mengatakan mereka membandingkan Presiden Sisi dengan Hitler dan dapat merusak kedudukan Mesir di mata dunia.

Abdel Aal kemudian mengatakan kepada Egypt Today bahwa Hitler "melakukan banyak kejahatan yang tidak pernah bisa dipuji".

"Tidak ada negara yang dapat berkembang tanpa infrastruktur yang kuat, dan ini adalah satu-satunya hal yang saya maksudkan dalam pernyataan saya," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini