nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tabrak Pengendara Motor, Istri Diplomat Amerika Serikat Kabur dari Inggris

Selasa 08 Oktober 2019 10:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 18 2114149 tabrak-pengendara-motor-istri-diplomat-amerika-serikat-kabur-dari-inggris-gH7rNvNIso.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

LONDON – Seorang istri diplomat Amerika Serikat meninggalkan Inggris usai menabrak seorang remaja yang sedang mengendarai motor hingga tewas.

Melansir VOA, Selasa (8/10/2019) orang tua korban telah menghubungi Presiden Donald Trump untuk mengadukan pelaku usai meninggalkan Inggris, dengan menggunakan klaim kekebalan diplomatik.

“Pergi begitu saja dan kembali ke negaranya merupakan suatu hal tidak terhormat untuk dilakukan,” ujar Charlotte Charles, ibu Harry Dunn, remaja berusia 19 tahun yang tewas dalam kecelakaan itu.

“Ia (istri diplomat Amerika-red) berada di sisi jalan yang salah. Malam itu ia mengakui pada seorang saksi bahwa ia berada di sisi jalan yang salah.

Keesokan harinya ia mengatakan tidak berniat meninggalkan Inggris,” ujar Charles. Ditambahkannya, perempuan itu pulang ke Amerika setelah pemakaman putra mereka.

Baca juga: Gadis 11 Tahun Lawan Perampok Berbekal Lemparan Roti

Baca juga: Inggris Bisa Hadapi Kelangkaan Pangan dan Kerusuhan Jika Gagal Sepakati Brexit

Departemen Luar Negeri AS menolak menyebutkan identitas perempuan itu, dan hanya menyebutnya sebagai istri seorang diplomat AS berusia 42 tahun.

Polisi Inggris pada 27 Agustus lalu mengatakan perempuan itu mengendarai mobil Volvo-nya di jalan raya dekat Pangkalan Angkatan Utara Croughton di Northhamptonshire ketika menabrak sepeda motor Harry. Tidak jelas apakah perempuan itu luka-luka dalam insiden tersebut.

Polisi Inggris mengatakan kekebalan diplomatik perempuan itu harus dicabut agar mereka dapat mewawancarainya. Tetapi Kedutaan Besar Amerika di Inggris menolak permintaan itu dan kemudian tersangka pulang ke Amerika.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan telah mengirim ucapan belasungkawa kepada keluarga Harry.

Ditambahkan bahwa pertanyaan apa pun terkat kekebalan diplomatik mendapat “perhatian hati-hati” di tingkat tertinggi, tetapi kekebalan diplomatik sangat jarang dicabut.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan telah berbicara dengan Duta Besar Amerika Untuk Inggris dan menyerukan kepada Kedutaan Besar Amerika untuk mempertimbangkan kembali penolakan untuk mencabut kekebalan diplomatik perempuan itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini