Raja Swedia Carl Gustaf Pindahkan 5 Cucu dari Istana

Rachmat Fahzry, Okezone · Selasa 08 Oktober 2019 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 08 18 2114227 raja-swedia-carl-gustaf-pindahkan-5-cucu-dari-istana-qBFsdVYqwT.jpg Foto keluarga Kerajaan Swedia. (Foto/Kerjaan Swedia/BBC)

STOCKHOLM - Raja Swedia Carl Gustaf XVI telah memindahkan lima cucunya dari istana, yang berarti anak-anak itu tidak lagi memiliki gelar bangwasan dan tidak akan melakukan tugas resmi kerajaan.

Namun para cucu raja tetap menjadi anggota keluarga kerajaan dan mempertahankan gelar adipati dan adipati wanita.

Perubahan itu tidak memengaruhi dua cucu raja yang akan meneruskan takhta kerajaan, Putri Estelle dan Pangeran Daniel.

Foto/Kerajaan Swedia

Para pengamat mengatakan langkah itu mencerminkan pandangan yang lebih luas bahwa tidak perlu begitu banyak anggota keluarga kerajaan untuk tugas resmi.

Baca juga: Mahkota dan Bola Kerajaan Swedia Dicuri, Pelaku Kabur dengan Kapal Motor

Baca juga: Anggota Parlemen Swedia Tidak Terima Tunjangan Besar Bahkan Sempat Tak Digaji

Keputusan itu, yang diumumkan dalam pernyataan yang diterbitkan oleh Royal Court of Sweden, menyebut dua putra Pangeran Carl Philip dan tiga anak dari Putri Madeleine yang akan pindah dari istana.

Selain membebaskan mereka dari tugas-tugas kerajaan, perubahan itu berarti bahwa anak-anak—yang berusia antara satu dan lima tahun—tidak berhak menerima dana tahunan yang didapat dari pembayar pajak yang dikenal sebagai appanage.

Pakar kerajaan, Roger Lundgren mengatakan keputusan itu diikuti dengan pengawasan cermat atas meningkatnya jumlah bangsawan.

"Parlemen mengumumkan beberapa tahun lalu bahwa mereka akan meninjau ulang beberapa prinsip mengenai monarki. Satu hal adalah ukuran keluarga," katanya mengutip BBC, Selasa (8/10/2019).

Dia mengatakan raja telah mengambil tindakan sendiri untuk menangani masalah ini dan membandingkan langkah tersebut dengan Pangeran Wales Inggris yang ingin "merampingkan Keluarga Kerajaan".

Dia juga menyamakan peran baru lima bangsawan Swedia dengan peran putri Beatrice dan Eugenie, yang telah mengejar karier mereka sendiri.

Sejarawan Swedia, Dick Harrison mengatakan keputusan itu kemungkinan dibuat untuk memenuhi kebutuhan keluarga modern, yang menjelaskan bahwa Rumah Kerajaan telah tumbuh lebih besar dibanding 100 tahun lalu.

Disingkirkan dari rumah kerajaan juga akan memungkinkan anak-anak untuk "menjalani kehidupan biasa.

"Mereka tidak perlu repot-repot dijaga. Mereka akan warga biasa tetapi masih anggota kerajaan," katanya.

Swedia hanyalah salah satu dari beberapa negara Eropa yang memiliki sistem monarki, bersama dengan Inggris, Norwegia, Denmark, Spanyol, Belanda dan Belgia. Tradisi dan jumlah orang dalam peran kerajaan berbeda-beda di setiap negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini